blank
Karya seni yang terpajang di Semarang Contemporary Arts. Foto: Reka: Dok

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Semarang Contemporary Art Gallery atau yang lebih dikenal dengan Galeri Semarang merupakan galeri yang menampilkan karya seni hasil tangan para seniman dari seluruh penjuru Nusantara.

Bangunan galeri modern ini berada di kawasan Kota Lama Semarang, di Jalan Taman Srigunting Nomor 5–6, Kota Semarang.

Galeri seni kontemporer Asia di Indonesia. Berbagai pameran karya seni rupa dari seniman lokal atau pun mancanegara ditampilkan di galeri tersebut.

Semarang Contemporary Art Gallery berdiri sejak awal 2001, pemiliknya bernama Chris Dharmawan seorang kolektor dan filantropi di bidang karya seni.

Tujuan didirikannya galeri ini adalah untuk meningkatkan apresiasi terhadap seniman khususnya seni rupa kontemporer di Indonesia.

Tahun 2007, Chris Dharmawan melakukan konservasi gedung yang letaknya di cagar budaya Kota Lama Semarang. Setelah konservasi gedung dilakukan, museum tersebut telah resmi sebagai galeri Semarang pada tahun 2008.

Sampai saat ini, Contemporary Art Gallery masih beroperasi dengan menyajikan pameran seni rupa untuk mengembangkan pariwisata lokal.

Aktivitas yang dilakukan di sini sangat beragam, salah satunya adalah memamerkan berbagai macam karya seni rupa kontemporer.

Museum tersebut secara rutin (biasanya dua bulan sekali) punya agenda pameran seni. Karya yang dipamerkan antara lain karya 2 dimensi, 3 dimensi, dan lain sebagainya.

Aktivitas yang diselenggarakan di museum seni bertujuan untuk mengenalkan seni kepada masyarakat. Dari kalangan anak muda sampai orang dewasa dapat berkunjung ke tempat tersebut untuk mengabadikan momen dan melihat karya seni yang ditampilkan di sini.

Museum ini sering menyelenggarakan pameran yang berisi lukisan, arsip, sketsa, rekaman pertunjukan, dan instalasi. Beberapa pameran seni yang telah diselenggarakan di museum ini antara lain: KUNE–KUNE, Sensing Sensation, Private Purview, Renaissance of China, (F): Space, Time, Movement, Your Silence Will Not Protect You, FORMLESS: on Human Artifice and Natural Order.

blank
Bangunan Semarang Contemporary Art Gallery. Foto: jawarentcar

Selain menampilkan karya seni kontemporer yang memukau, galeri Semarang juga menyediakan spot foto bagi wisatawan yang berkunjung. Bangku taman di area luar juga dapat dijadikan spot foto bagi pengunjung.

Semarang Contemporary Art Gallery juga terdapat tempat parkir kendaraan sehingga para pengunjung dapat memarkir kendaraan dan tidak perlu risau kendaraan akan aman karena dijaga oleh tukang parkir.

Semarang Contemporary Art Gallery buka mulai hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 10.00 sampai dengan 16.30 WIB. Wisatawan yang ingin berkunjung ke Semarang Contemporary Art Gallery membayar tiket masuk dengan harga Rp 20.000 per orang. Untuk biaya parkir kendaraan bermotor Rp 3.000, sedangkan untuk mobil Rp 5.000.

Sebagai generasi milenial sudah sepantasnya jika kita tidak hanya mengunjungi objek wisata yang hanya kesenian saja, mengenal karya seni dari seniman juga perlu lho. Dengan begitu generasi muda bisa menghargai setiap hasil karya seniman.

Aninda Eka Rahayu – Mg