blank
Bukit dan lembah menghijau pemandangan indah di Jolong. Foto: hc24

PATI (SUARABARI.ID)-  Akhir pekan adalah saat yang ideal untuk berbagi waktu bersama keluarga, entah dengan mengunjungi kerabat di luar kota atau menjelajahi tempat-tempat  yang baru, di kabupaten Pati, terdapat banyak pilihan tempat wisata yang dapat dikunjungi, termasuk pegunungan dan pantai.

Salah satu tujuan favorit bagi keluarga di Pati yang memiliki tema agrowisata adalah Agrowisata Jolong Pati.  Agrowisata Jolong Pati menawarkan area perkebunan kopi yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Selanjutnya, PT Perkebunan Nusantara bersama pemerintah setempat mengembangkannya sebagai tujuan liburan untuk meningkatkan pendapatan daerah dalam sektor pariwisata. Agrowisata Jolong resmi diizinkan pada tahun 2018.

Meskipun relatif baru, lokasi ini selalu menjadi tujuan populer bagi penduduk setempat maupun wisatawan dari luar daerah. Agrowisata ini buka setiap hari dari jam 08.00 hingga 18.00 WIB.

Biaya masuknya sangat terjangkau, hanya sebesar Rp15.000, sedangkan parkir kendaraan roda dua dikenakan tarif sebesar 3.000 dan kendaraan roda empat 5.000 per orang. Namun, di dalam area tersebut juga terdapat wahana permainan yang dikenakan biaya tambahan.

blank
Teko-cangkir, menjadi ikon di Agrowisata Jolong. Foto: IKW
blank
Teko-cangkir, menjadi ikon di Agrowisata Jolong. Foto: IKW

Agrowisata Jolong Pati dibagi menjadi dua bagian, dengan fokus utama pada zona perkebunan kopi yang terkenal sebagai produsen kopi terbesar di Pati. Di area tersebut, pengunjung akan menikmati pemandangan alam yang sangat hijau dan segar.

Ikon Teko-Cangkir

Selain itu, mereka bisa merasakan udara segar yang bisa mereka hirup dengan dalam. Ketika tiba di sana, para pengunjung akan disambut dengan simbol ikonik berupa teko dan cangkir kopi lerek yang mencerminkan era lama. Di tempat ini juga terdapat fasilitas pabrik dan area penggilingan kopi.

Di sini pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan bukit dan lembah dengan hijaunya pohon kopi. Bagi para penggemar kopi, tempat ini juga menyediakan kopi panas yang bisa dinikmati.

Kemudian, ada kebun buah naga yang terletak di lereng Gunung Muria. Di area ini, terdapat beberapa fasilitas menarik seperti rumah pohon, observasi, taman bunga, dan taman keluarga yang cocok untuk berfoto.

Di tempat ini, Anda dapat menikmati fasilitas seperti kolam pemancingan, terapi ikan, surau, toilet, area petualangan anak-anak, air terjun Grengengan, dan berbagai gazebo. Pastinya, Anda tidak akan merasa bosan ketika berada di sini. Ingatlah untuk membawa kamera terbaik Anda agar dapat mengabadikan momen-momen berharga.

“Agrowisata Jolong merupakan destinasi favorit bagi keluarga  yang ada di Pati. Perkebunan kopi di Agrowisata Jolong Pati telah ada sejak masa kolonial.Kawasan Gembong, lokasi agrowisata ini, merupakan pusat produksi kopi terkemuka di Kabupaten Pati.Selain kopi,  terdapat berbagai jenis tanaman buah seperti pisang, jeruk keprok, dan jeruk pamelo juga dapat ditemukan di sini,” ujar Elsa pengunjung Agrowisata jolong.

Agrowisata Jolong Pati terletak di Sitiluhur, Gembong, Kabupaten Pati, di daerah Lembah yang terletak di dekat lereng gunung, sehingga akses menuju tempat ini sedikit berliku. Anda bisa mencapai tempat ini dengan menggunakan kendaraan beroda dua maupun kendaraan beroda empat.

Perjalanan dari Alun-Alun Pati menuju lokasi membutuhkan waktu sekitar 45 menit jika Anda berkendara. Dari Alun-Alun Pati, arahkan kendaraan ke utara menuju Jalan Kolonel Sunandar, lalu lanjutkan terus menuju Jalan Raya Tlogowungu.

Lanjutkan perjalanan di jalan tersebut hingga mencapai Tidak Tlogowungu-Gunungrowo. Di daerah tersebut, Anda akan tiba di depan pintu masuk Agrowisata Jolong Pati.

Siapa yang ingin segera menikmati pesona Agro Wisata Jollong? Ayo, tambahkan tempat wisata ini ke dalam daftar kunjungan wajibmu saat berada di Kota Pati. Ayo berlibur!

Intan Kusuma Wardani – Mg