Dalam rangka World Cleanup Day, ribuan relawan dari berbagai komunitas, menggelar aksi massal bersih-bersih sampah. Aksi ini dipusatkan di objek wisata bahari Pantai Pancer Door, Kabupaten Pacitan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Pacitan, Ny Efi Indrata Nur Bayuaji, Minggu (17/9), ribuan relawan melakukan aksi massal bersih-bersih sampah. Kegiatan yang dipusatkan di objek wisata bahari Pantai Pancer Door Pacitan ini, dilakukan dalam rangka World Cleanup Day.

Sebagaimana diketahui, World Cleanup Day merupakan Hari Bersih-bersih Sedunia. Yakni dengan menggelar aksi sosial global tahunan, guna mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk bersama-sama turut serta membersihkan dan menjaga kebersihan bumi. Tujuannya, untuk mengurangi masalah limbah padat dan sampah laut.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, secara khusus isteri Bupati sebagai Ketua TP PKK Pacitan, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut yang melibatkan semua elemen masyarakat. Aksi ini, merupakan momentum untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan, dengan mengurangi polusi sampah.

”Terimakasih atas kepedulian para relawan, dan yang terpenting bagaimana kita menyadarkan masyarakat mengolah dan memilah sampah dimulai dari rumah,” tandas Ketua TP PKK Kabupaten Pacitan, Ny Efi Indrata Nur Bayu Aji.

Diskusi

Gerakan World Cleanup Day di Kabupaten Pacitan dilaksanakan menyeluruh di semua wilayah. Sebanyak 5.600 orang relawan dari 34 komunitas, turut serta dalam aksi massal tersebut. Yang di Pantai Pancer Door, diikuti relawan dari sejumlah komunitas dan organisasi. Diantaranya dari Pramuka Saka Wira Kartika, Arroyan, Pagar Nusa, PSHT, AKN Pacitan, serta Dinas Lingkungan Hidup Pacitan.

Kegiatan bersih-bersih dilaksanakan dengan menyusuri pantai yang menjadi objek wisata bahari di Kabupaten Pacitan. Termasuk tempat yang digunakan para pedagang dalam melayani pelancong.

Sampah yang terkumpul, selanjutnya dipilah dan diangkut dengan truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Dari aksi tersebut, berhasil terkumpul sampah unorganik seberat 274 kilogram (Kg) dan sampah residu 4 Kg.

Usai kegiatan, Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan) bersama Ketua TPP PKK Pacitan, mengajak peserta untuk diskusi dan sharing, tentang isu lingkungan dan pengelolaan sampah ke depannya.
Bambang Pur