SURABAYA (SUARA BARU. ID) – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menjadi Inspektur Upacara HUT ke-78 TNI AL hari ini Senin (11/9/2023). Upacara digelar di Dermaga Madura Koarmada II Surabaya.

Upacara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi TNI Angkatan Laut yang diperingati tanggal 10 September setiap tahun dan
merupakan acara puncak hari jadi Angkatan Laut yang terpusat di Koarmada II Surabaya.

Upacara HUT Ke – 78 TNI AL juga dilaksanakan diseluruh Indonesia di beberapa tempat Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) yang diperingati melalui upacara militer.

Adapun bertindak sebagai Komandan upacara Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan (Danlanal Palembang) dan diikuti 1500 orang prajurit, PNS TNI AL, Polri dan Instansi Kemaritiman serta dihadiri Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, Kasad Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, seluruh pejabat tinggi TNI AL, Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Vero Yudo Margono, Ketum Persit Kartika Chandra Kirana Ibu Rahma Setyaningsih, Ketum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali, Ketum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo, Ketum Bhayangkari Ny. Juliati Listyo Sigit Prabowo, jajaran purnawirawan Kasal dan Wakasal serta seluruh tamu undangan yang hadir.

Dalam amanatnya Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono mengungkapkan, selaku Panglima TNI dan atas nama keluarga besar Tentara Nasional Indonesia mengucapkan selamat hari ulang tahun Ke -78 Tahun 2023 kepada segenap Prajurit Jalasena Samudera dan Pegawai Negeri Sipil serta keluarga besar TNI – AL dimanapun berada dan bertugas.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

“Dalam pengabdiannya TNI – AL telah mampu menghadapi berbagai konflik dan krisis dengan penuh keberanian juga secara aktif terlibat dalam berbagai Operasi kemanusiaan di dalam dan luar Negeri pada level regional TNI – AL juga memiliki peran sentral dalam menjaga stabilitas maritim di kawasan dan kontribusi nyata TNI – AL dalam Misi Operasi Pemeliharaan Perdamaian dunia yang telah mendapatkan apresiasi dan pengakuan yang tinggi dari dunia Internasional,” jelasnya.

“Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir pertahanan NKRI harus selalu siap menjalankan tugas mulia yang diamanatkan kepada TNI – AL menjaga selalu marwah dan kehormatan Prajurit Jalasena Samudera dengan selalu menjaga profesionalisme dan ketangguhan dalam bertugas serta menjadi prajurit Jalasena yang selalu dicintai rakyat dan mencintai rakyat untuk berbakti kepada Bangsa dan Negara di jalan pengabdian yang penuh dengan kebanggaan dan kehormatan.” tandasnya.

Dalam upacara tersebut, juga dilaksanakan penyerahan bendera Lanal terbaik yang diraih oleh Lanal Bangka Belitung, Lanal Cirebon dan Lanal Gorontalo. KRI terbaik diraih oleh KRI Raden Eddy Martadinata-331, KRI Bung Tomo-357, dan KRI Alugoro-405. Batalyon Marinir terbaik diraih oleh Yonif 9 Marinir, Yonif 6 Marinir dan Yonif 3 Marinir. Lanudal terbaik diraih oleh Lanudal Sabang, Lanudal Aru, dan Lanudal Matak. Bama teladan diraih oleh Serka Mar Fahrurrozi, Serka Nav Solehudin, dan Serma Nav Enggar. Sedangkan untuk Tamtama teladan diraih oleh Koptu Mar Yudi Ahmad Efendi.

Setelah serangkaian upacara, tamu undangan menyaksikan berbagai rangkaian pertunjukan diantaranya Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL, atraksi Bela diri, Demo Pasusla, Fly Pass, penampilan tarian tradisional (tari kolosal), serta penampilan alutsista TNI AL yang diakhiri dengan Defile Pasukan dari Prajurit, PNS TNI AL dan Polri wilayah Surabaya.

Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan YME atas lancarnya acara peringatan HUT ke-78 TNI AL, dilaksanakan pula acara Tasyakuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng, bertempat di Gedung Panti Cahaya Armada (PCA) Koarmada II.

Hadepe – Ni Made Aryani