blank
Tari Gambyong Pareanom dari Kagama Beksan Yogya menyambut para tamu yang hadir dalam acara Kagama Kolabrasi di Laroka Teater Kota Lama Semarang. Foto: Widiyartono R

FESTIVAL Kota Lama Semarang berlangsung dari tanggal 7-17 September 2023. Berbagai acara dihadirkan dalam festival yang berlangsung 10 hari ini. Lokasi acara pun berada di satu titik. Bisa dipahami, karena Kawasan Kota Lama punya beberapa spot yang memang bisa digunakan untuk acara-acara baik yang indoors maupun outdoors.

Pembukaan dengan penampilan FKL Orchestra Harmony di Borsumy Heritage, kemudian Pasar Sentiling yang menyediakan kuliner legendaris, Wayang on The Street di Oudetrap Theatre.

Kemudian Kagama Kolaborasi di Laroka Theatre, Waterfront Competition di GKBI Oud en Nieuw, Pameran Wastra Nusantara di Gedung Oudetrap, Festival janur di Hotel Kotta, Festival Folklore Nusantara di Taman Garuda, 1.000 Milenial berkebaya di Taman Garuda, dan penutupan di Taman Garuda.

Sabtu malam, 9 September 2023, sesuai dengan jadwal, adalah Kagama Kolaborasi. Keluarga Alumni Gadjah Mada dari empat komunitas seni dan budaya hadir di Kota Lama Semarang. Mereka datang dari Jabodetabek, Jogja, Solo, Malang, dan kota-kota lainnya.

Empat Komunitas Seni & Budaya di bawah Kagama, yakni Adiswara Gadjah Mada (paduan suara), ArsDeeBee Big Band (Alumni Marching Band), Kagama Beksan, dan Kagama Sekar Gending.

blank
Kagama Beksan Semarang tampil dengan tarian Semarang Rumah Kita di Teater Laroka Kota Lama Semarang. Foto: Widiyartono R.

Ada sekitar 200-an peraga, yakni para alumni dari para niyaga (penabuh gamelan), penampil paduan suara, band, dan paling banyak adalah penari yang tergabung dalam Kagama Beksan yang jumlahnya sekitar 120-an orang. Kagama Beksan yang tampil adalah Kagama Beksan Yogya, Kagama Beksan Semarang, dan Kagama Beksan Jabodetabek.