blank
Ayam crispy kriuk. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Hampir semua orang menyukai yang namanya ayam goreng. Karena ayam goreng merupakan menu makanan paling banyak disukai masyarakat.

Ayam goreng adalah hidangan Indonesia yang tak lain merupakan ayam yang digoreng dalam minyak goreng. Kebanyakan ayam goreng khas Nusantara tidak dilapisi tepung, dan memiliki bumbu yang lebih kaya.

Namun, dengan berjalannya waktu, banyak orang yang membuat ayam goreng menggunakan tepung. Bahkan membuat ayam goreng crispy kriuk menjadi favorit masyarakat, yang banyak disukai anak-anak hingga dewasa.

Untuk kamu yang suka makan ayam goreng kriuk, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lho… Di samping bahannya mudah didapat, proses pembuatannya pun cukup mudah.

Dilansir dari Fimela, jika kamu ingin menghasilkan ayam goreng yang crispy, terkadang digoreng saja tidak membuatnya jadi benar-benar crispy seperti yang diharapkan. Namun jika kamu ingin membuat ayam goreng crispy yang benar-benar renyah ketika digigit, yuk simak resep di bawah ini.

Bahan-bahan:

500 gram daging ayam
1 bungkus tepung bumbu ukuran besar
1/2 sdt kaldu bubuk
air es secukupnya
1/2 sdt lada bubuk
1/4 sdt garam

Cara membuat:

1. Pertama, lumuri potongan ayam dengan garam, kaldu dan lada bubuk. Aduk rata kemudian sisihkan

2. Kedua, tuang tepung bumbu instan ke wadah, ambil sekitar 4 sdm untuk dicampurkan ke potongan ayam

3. Selanjutnya, baluri ayam dengan tepung tadi, aduk rata dan diamkan selama 30 menit

4. Setelah 30 menit, gulingkan ayam ke tepung secara merata sambil memijat-mijat daging ayam

5. Celupkan ke dalam air es kemudian baluri kembali dengan tepung sambil dipijat.  Lakukan langkah ini secara berulang 2 hingga 3 kali

6. Panaskan minyak goreng, masukkan ayam setelah minyak benar-benar panas

7. Goreng dengan menggunakan api sedang hingga ayam berwarna kuning keemasan, lalu kecilkan api dan goreng ayam hingga coklat keemasan, angkat dan tiriskan.

Ayam goreng crispy siap dihidangkan dengan sambal yang kamu sukai. Selamat mencoba!

Ning S