blank
Wakapolresta Magelang, AKBP Roman. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Polresta Magelang melaksanakan upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2023 di halaman Mapolresta setempat, Senin (11/9/2023). Bertindak sebagai inspektur upacara  Wakapolresta AKBP Roman Smaradhana Elhaj, yang mewakili Kapolresta Kombes Ruruh Wicaksono.

Dengan perwira upacara Kasatres Narkoba Kompol Willly Budiyanto dan komandan upacara Kasubagren AKP M Ahdi, pesertanya para Kabag, Kasat, Kapolsek, para Perwira, Bintara, ASN Polri Polresta Magelang, serta siswa magang  Lemdiklat Polri.

Wakapolresta saat membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyampaikan, momentum peringatan Haornas dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 67 Tahun 1985.

“Haornas diperingati dengan melibatkan masyarakat dan disemarakkan meluas di seluruh provinsi dan kabupaten/kota,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan, dalam menjalankan amanat Undang-Undang Keolahragaan Nomor 11 Tahun 2022 dan amanat Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) perlu adanya kolaborasi dan komitmen yang kuat. Yaitu antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, swasta dan stakeholder olahraga untuk bersama-sama semangat mencetak para juara. Hal itu sejalan dengan logo dan tema Haornas 2023, yakni: Gelanggang semangat pemenang.

“Untuk menjadi pemenang sejati yakni semangat mencetak bangsa yang bugar dan produktif. Juga semangat mencetak para pemenang kompetisi pada ajang internasional demi keharuman bangsa dan negara,” katanya.

Gelanggang semangat pemenang merupakan rangkaian dari berbagai macam bentuk apresiasi terhadap para olahragawan dan segenap lapisan masyarakat Indonesia. Yaitu dalam menyatukan semangat hidup aktif dan berjuang untuk mengharumkan nama bangsa dalam pentas olahraga dunia.

“Tidak hanya sebatas kekuatan semangat saja, namun juga peran aktif dari kita semua. Dari gelanggang ke gelanggang, pemuda Indonesia siap untuk mengobarkan semangat pemenang di seluruh jiwa raga masyarakat Indonesia,” tegasnya.

Di akhir amanat, disampaikan ucapan terima kasih dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, kepada semua insan olahraga dan masyarakat yang selama ini telah bersama-sama dalam upaya-upaya memajukan olahraga di Indonesia.

Eko Priyono