Alumni STPDN/IPDN droping air bersih untuk warga  di dukuh Dluwangan, Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora. Jumat, 8 September 2023.  Foto: Kudnadi Saputro Blora 

BLORA (SUARABARU.ID) —  Untuk meringankan beban masyarakat di sejumlah desa di wilayah Blora yang terdampak kekeringan dan kesulitan air bersih pada musim kemarau ini, Alumni STPDN/IPDN di Blora memberikan bantuan 31 tangki air bersih.

Perwakilan Alumni STPDN/IPDN di Blora bersama Bupati Blora, secara simbolis melepas keberangkatan armada truk tangki yang mendistribusikan air bersih tersebut, dari Pendopo rumah dinas Blora, Jumat, (8/9/2023).

Bawa Dwi Raharja, S.STP., M.Si., salah satu perwakilan Alumni STPDN/IPDN yang juga Kabag Prokompim Setda Blora, mengatakan, bahwa di tahap pertama ini pihaknya bersama alumni lain menyalurkan 31 tangki air bersih mengingat saat musim kemarau seperti ini banyak wilayah Blora yang mengalami kekeringan.

“Untuk wilayah penyaluran, kami terus berkoordinasi dengan BPBD yang bisa di bagi dibeberapa titik lokasi. Semoga apa yang kami lakukan membawa manfaat bagi warga Blora yang sedang mengalami kesulitan air, dan bisa membantu mereka yang membutuhkan air,” jelas  Bawa Dwi Raharja.

Bawa Dwi Raharja menambahkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan BPBD dalam penyaluran penyaluran air bersih untuk tahap berikutnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah berpartisipasi dan peduli terhadap masyarakat Blora.

Bupati Blora berharap nanti gerakan-gerakan seperti ini, untuk membantu masyarakat bisa terus digalakan.

“Senin (28/8/23) lalu, Ikatan Alumni SMA N 1 Blora (Ilusa), para pegiat Sosial Media Blora (Blosmed), PMI Kabupaten Blora dan sejumlah pihak lainnya juga memberikan bantuan 116 tangki air bersih ke 58 desa rawan kekeringan di Blora,” kata Bupati Blora.

Dengan demikian, lanjut Bupati Blora, hingga saat ini tercatat sudah hampir  600 tangki air bersih  yang disalurkan ke sejumlah desa di Kabupaten Blora yang mengalami kekeringan.

“BPBD Blora hingga saat ini  sudah menyalurkan kurang lebih 540 tangki air bersih di 185 Desa/Kelurahan di Blora yang mengalami kekeringan,” imbuh Bupati Blora.

Di sela-sela melepas armada tangki air, Bupati Blora juga menyampaikan, partisipasi 31 tangki air bersih dari alumni STPDN/IPDN di Blora itu akan dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Blora yang mengalami dampak kekeringan  pada musim kemarau ini.

“Ini juga salah satu program STPDN, dalam membantu penanganan kekeringan di Blora bersama elemen – elemen masyarakat. Kemarin juga dari Ilusa, PMI, Blosmed, dan lainnya juga membantu menyalurkan air bersih,” tambah Bupati Blora.

Gayung bersambut, warga sangat antusias dengan bantuan air bersih dari para alumni STPDN/IPDN di Blora itu. Masriah, salah satu warga Dluwangan, Kelurahan Jetis menyatakan senang atas bantuan air bersih  tersebut.

Masriah menceritakan, selama ini wilayah Dluwangan kesulitan air dan harus antri lama dengan warga lain untuk mendapatkannya.

“Kekeringan sudah terjadi 3 bulan ini. Dengan adanya bantuan ini kami sangat senang sekali. Matur nuwun pak Bupati bersama alumni STPDN atas bantuan air yang diberikan. Semoga bantuan ini bisa terus diberikan selama musim kemarau,” harap Masriah.

Kudnadi Saputro