Pedagang suvenir sudah siap menyambut pengunjung pengajian yang agendanya dimulai besok pagi. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Ustazah Mumpuni Handayayekti warga RT 04, RW 05, Dusun Gunungnangka, Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, akan memberikan tausiyah pengajian kepada warga Borobudur dan sekitarnya, di kompleks Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Baiturrahman, Dusun Sendaren 1, Desa Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (9 September 2023) mulai sekitar pukul 14.00.

Itu dalam rangka gelar resepsi akbar TPQ yang dikemas dalam beberapa bentuk kegiatan, dari tanggal 7 sampai 10 September 2023.

Seperti diketahui, Ustazah Mumpuni dikenal luas oleh masyarakat setelah menjuarai Akademi Sahur Indonesia (Aksi) pada tahun 2017 di sebuah acara televisi swasta. Fansnya paling banyak dari kalangan milenial dan ibu-ibu. Seperti yang terjadi di tempat lain, pengunjung yang hadir diperkirakan mencapai ribuan orang.

“Kapasitas tempat yang telah dipersiapkan oleh panitia insyaAllah mencukupi,” jelas ketua panitia kegiatan tersebut, M Abdul Choliq, hari ini (Rabu 6 September 2023).

Lokasi kegiatan di TPQ Baiturrahman, Karangrejo, Borobudur, 7-10 September 23. Foto: eko

Abdul Choliq menjelaskan, informasi yang dia terima dari manager Ustazah Mumpuni, pagi harinya Mumpuni ada agenda mengisi ceramah di Dusun Dalaman, Desa Kenteng, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Selesai dari sana langsung meluncur ke Borobudur. “Mumpuni dijadwalkan sampai lokasi hari Sabtu (9/9/23) pukul 14.00,” jelasnya.

Adapun tamu undangannya dari pejabat Forkompincam Borobudur, anggota legislatif yang ada di Kecamatan Borobudur, Kepala KUA, PAIF, Ketua MWCNU Borobudur, Ketua-ketua Badan Otonom (Banom) NU, tokoh masyarakat, kiai.

Selebihnya dia memaparkan, rangkaian kegiatannya
diawali dengan gelaran Sedekah Bumi (Kenduri Cinta untuk Negeri), pada Kamis (7/9/23). Acara itu akan dihadiri oleh warga masyarakat Dusun Sendaren 1. “Anak-anak sampai orang tua akan berbaur menjadi satu untuk melakukan doa bersama,” tuturnya.

Tujuan kegiatan itu sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Maha Kuasa. Karena Tuhan telah memberikan bumi tempat kita berpijak dengan segala rezeki berupa hasil bumi untuk keberlangsungan hidup manusia. “Juga secara bersama-sama akan melantunkan doa menjemput asa, agar selalu diberi keselamatan, dijauhkan dari bencana dan hidup dalam kerukunan,” harapnya.

M Abdul Choliq menambahkan, acara akan diisi dengan jamuan makan bersama. Panitia menyiapkan 25 tumpeng nasi.
“Acara berikutnya, Sabtu pagi (9/9/23), prosesi khataman Alquran yang diikuti 29 santri TPQ Baiturrahman,” jelasnya.

Eko Priyono