blank
BULDOZER - Untuk menjangkau titik kepulan asap petugas menggunakan buldozer dengan melakukan pengerukan. (Foto: Sutrisno)
TEGAL (SUARABARU.ID) – Seluas 1 Hektar dari 5 Hektar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang berlokasi di Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) Kota Tegal, Jawa Tengah mengalami kebakaran Sabtu (2/9/2023) malam.
Kebakaran terjadi sejak pukul 18.30 WIB. Sejumlah armada Damkar dari Pemkot Tegal melakukan proses pemadaman. Angin besar yang bertiup ke Utara menyulitkan petugas Damkar melakukan pemadaman ke titik api. “Kita mendapat laporan dari RW ada kebakaran di TPA Kota Tegal,” kata Lurah Pesurungan Lor, Sudarto di lokasi.
TPA ikut wilayah Kelurahan Muarareja, tapi karena wilayah Pesurungan Lor saling berdekatan pihaknya ikut antisipasi di lokasi kejadian. “Saya di lokasi, karena TPA tersebut terbakar hebat, dikhawatirkan menjalar ke permukiman warga,” ujar Sudarto.
Kepala Bidang (Kabid) Pencemaran, Pengendalian, Kerusakan dan Lingkungan Hidup (PPKLH) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tegal, Maman Suherman mengatakan, kebakaran dilaporkan pada Sabtu (2/9), sekitar pukul 18.30 WIB. “Sekira 1 Hektar lahan yang terbakar dari 5 Hektar lahan TPA yang ada,” kata Maman.
Hari ini Minggu (3/9/2023) api sudah padam namun masih ada kepulan asap di beberapa titik. “Untuk menjangkau titik kepulan asap, sekira pukul 07.30 dengan menggunakan buldozer kami melakukan pengerukan,” terang Maman Minggu (3/9/2023).
Disampaikan, sudah satu bulan ini sepanjang Jalingkut mulai Rusunawa hingga Margadana rumput dan ilalang ada yang sengaja membakar agar Jalingkut kelihatan bersih.
“Terakhir kemarin sore sebelah utara jalan juga ada yang bakar lalu api merembet ke Pohon Trembesi milik DLH dan sempet membakar warung. Malam harinya api tersebut menjalar ke lahan TPA,” ungkap Maman.
Sekira pukul 14.25 kepulan asap dengan api kecil kembali terlihat di beberapa titikĀ  tumpukah sampah kering.
Sutrisno