Para peserta foto bersama seusai mengikuti Seminar dan Lokakarya (SEMILOKA) 2023 di Ruang Meeting MG Setos Semarang, baru-baru ini.(Foto: News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Semarang (USM) menggelar Seminar dan Lokakarya (Semiloka) 2023 di Ruang Meeting MG Setos Semarang, baru-baru ini.

Kegiatan itu dihadiri antara lain Wakil Rektor I USM Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Dekan FPsi USM Prof Dr Rini Sugiarti MSi Psikolog, Wakil Dekan FPsi USM Dr Erwin Erlangga SPd MPd, Ketua Program Studi Psikologi USM Yudi Kurniawan SPsi MPsi Psikolog serta segenap dosen FPsi USM.

Kegiatan yang diikuti 45 peserta tersebut menghadirkan dua dosen Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia sebagai narasumber yaitu Dr rer nat Arief Fahmi SPsi MA Psikolog dan Hariz Enggar Wijaya Spsi MSi Psikolog.

Ketua Pelaksana, Maria Yuliana Wangge SPsi MPsi Psikolog mengatakan, kegiatan bertujuan untuk menambah wawasan pengelola, dosen, alumni, dan stakeholder FPsi USM tentang peraturan terkait visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi S1 Psikologi USM

“Kami juga melakukan penyempurnaan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi S1 Psikologi USM yang disusun agar relevan dengan cita-cita institusi dan keberlanjutan,” katanya.

Dalam sambutannya, Dekan fakultas psikologi USM Prof Dr Rini Sugiarti MSi mengatakan, kegiatan ini menjadi suatu hal yang penting untuk kebutuhan FPsi USM agar bisa berjalan dengan baik serta dapat memahami visi dan misi dari universitas yang turun ke fakultas.

“Proses pembuatan visi, misi, tujuan dan kurikulum program studi psikologi melalui serangkaian program yang harus dilalui, adapun prosesnya dari awal visi dan misi S1 psikologi USM disusun dengan mempertimbangkan berbagai faktor yaitu sejarah awal pendirian program studi psikologi di USM , perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEK) serta berpedoman pada visi, misi, tujuan dan sasaran fakultas psikologi USM,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I USM Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP mengatakan, berdasarkan peraturan yang berubah cepat, FPsi USM merupakan fakultas andalan USM yang jumlah mahasiswanya selalu stabil, yang sekarang memiliki dua profesor dan doktor yang sudah banyak.

“Maka dari itu dengan konsisten dan stabilnya FPsi, kami mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sebagai sebuah institusi perguruan tinggi yang memiliki cita-cita besar sehingga S1 psikologi USM perlu menyusun visi, misi, tujuan secara matang dan terukur,” ujarnya.

Menurut dosen Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia Hariz Enggar Wijaya Spsi MSi Psikolog, kemajuan fakultas harus didukung dengan adanya kesempatan pembelajaran di luar program studi atau pengaplikasian ilmu psikologi secara langsung di masyarakat.

“Pembelajaran itu dapat berupa pembelajaran dalam program studi berbeda di perguruan tinggi yang sama, pembelajaran dalam program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda, pembelajaran dalam program studi berbeda di perguruan tinggi yang berbeda, dan pembelajaran di luar perguruan tinggi. Pembelajaran di luar perguruan tinggi dilaksanakan dalam beberapa,” tuturnya.

Muhaimin