ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Masalah yang terjadi pada kulit kepala yang kerap mengganggu salah satunya yaitu ketombe dan hal ini bisa menurunkan kurangnya rasa percaya diri karena dapat menimbulkan rasa gatal yang berlebihan hingga tidak nyaman.

Dilansir dari Suara.com, ketombe merupakan kondisi berupa munculnya serpihan kulit kepala berwarna putih atau kuning yang disertai dengan rasa gatal. Penyebab timbulnya ketombe belum diketahui secara pasti.

Namun, ada beberapa hal yang kerap memicu timbulnya ketombe, seperti tidak keramas secara rutin, mengalami alergi akibat penggunaan produk perawatan rambut maupun salon, atau menderita gangguan kulit tertentu, seperti tinea capitis dan eksim atopik.

Baca Juag: Atasi Sakit Kepala Bagian Belakang Dengan Cara Mudah Ini

Pada orang yang memiliki masalah kulit kepala kering, serpihan putih yang muncul biasanya memiliki ukuran lebih kecil, berwarna putih, dan tidak bersisik. Sementara itu, serpihan ketombe umumnya memiliki ukuran lebih besar, terlihat berminyak, dan bersisik.

Sejatinya, belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan ketombe itu muncul, namun bisa jadi ketombe ini disebabkan oleh penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat, infeksi jamur, tidak keramas rutin, reaksi alergi atau menderita penyakit kulit tertentu seperti dermatitis atopik (eksim), psoriasis, dermatitis seboroik, dan yang lainnya.

Seperti dirangkum dari siloamhospitals.com, berikut ini adalah cara menghilangkan ketombe secara alami:

Baca Juga: Tips Bersihkan Kulit Kepala dari Ketombe

1. Minyak Kelapa

Ketombe bisa dihilangkan dengan cara alami yakni menggunakan masker rambut. Hal ini karena minyak kelapa terdapat senyawa yang bisa melembapkan dan mencegah kulit kepala kering.

Dalam minyak kelapa juga mengandung senyawa yang bersifat antimikroba, antijamur dan bisa melawan berbagai kuman yang menyebabkan ketombe.

Caranya adalah dengan menuangkan 3–5 sendok teh minyak kelapa pada kulit kepala dan pijat secara perlahan, lalu diamkan selama 1–2 jam, dan keramas menggunakan sampo seperti biasa.

Baca Juga: 5 Cara Alami Atasi Sakit Kepala, Apa Saja? Simak!

2. Gel Lidah Buaya

Untuk menghilangkan ketombe bisa dengan menggunakan gel lidah buaya karena terdapat senyawa yang bersifat antijamur dan antiradang sehingga bisa mengatasi jamur dan peradangan pada kulit kepala menjadi penyebab ketombe. Kemudian bahan alami ini pun bisa meredakan rasa gatal dan menguatkan akar rambut.

3. Bawang Putih

Bawang putih menjadi bahan alami untuk menghilangkan ketombe yang mudah dilakukan. Pasalnya, bawang putih mempunyai kandungan yang bersifat antijamur sehingga efektif dalam membasmi ketombe yang membandel.

Cara menghilangkan ketombe dengan bawang putih adalah dengan dijadikan sebagai masker rambut yang ditumbuk secara halus, dicampur dengan air dan madu. Setelah itu, lakukan pada seluruh permukaan kulit kepala dan diamkan selama beberapa jam lalu keramaslah untuk menghilangkan sisa masker bawang putih.

Baca Juga:Tips Membersihkan Kulit Kepala Dari Kotoran Rambut

4. Lemon atau Jeruk Nipis

Mengatasi ketombe bisa menggunakan perasaan air lemon atau jeruk nipis.Hal ini karena lemon dan jeruk nipis di dalamnya terdapat berbagai macam nutrisi yang bisa membasmi ketombe dan juga membuat pertumbuhan akar rambut baik seperti vitamin C, flavonoid, asam sitrat, magnesium, dan lain sebagainya.

Demikianlah tadi cara menghilangkan ketombe secara alami. Semoga bermanfaat.

Claudia