Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah dan Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo (kesatu dan kedua menghadap lensa), Jumat (1/9), memimpin Lat Pra Operasi Zebra Candi 2023.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polisi akan menggelar Operasi Zebra 2023 secara serentak di seluruh Tanah Air. Yakni mulai Tanggal 4 sampai dengan 17 September 2023 mendatang. Untuk wilayah Polda Jateng, menggunakan sandi sebagai Operasi Zebra Candi 2023.

Menyikapi hal tersebut, Polres Wonogiri pimpinan Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, Jumat (1/9), menggelar Latihan Pra Operasi (Ops) Zebra Candi Tahun 2023 dengan dengan tema ”Kamseltibcarlantas yang tertib menuju Pemilu damai 2024.” Kegiatan ini digelar di Aula Sanika Satyawada Polres Wonogiri.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Kompol Andi Mohammad Akbar Mekuo, Kabag Ops dan para Perwira serta Bintara yang terlibat dalam Sprin Lat Pra Ops Zebra Candi 2023.

Pelaksanaan Operasi kepolisian kewilayahan Zebra Candi 2023, bersifat terbuka dan kegiatannya dalam bentuk operasi Harkamtibmas bidang lalu lintas. Dilaksanakan dengan mengedepankan fungsi lalu lintas, kegiatan preemtif dan preventif, dibarengi sosialisasi dan penegakkan hukum. Yang dilaksanakan secara humanis, dalam rangka Kamseltibcar yang kondusif menuju Pemilu damai 2024.

Penegakan hukum dalam operasi ini, menyasar kepada para pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak memakai helm. Juga kepada pengendara dalam pengaruh Miras, yang melawan arus dan pengemudi yang melanggar batas kecepatan.

Kepatuhan

Tujuannya, untuk meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, dan menurunnya angka pelanggaran serta angka fatalitas laka lantas, Operasi Zebra Candi ini, berlangsung dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa tertib berlalulintas sudah sepantasnya dimiliki setiap individu saat berada di jalan.

Kata Kapolres, kegiatan Latihan Pra Operasi ini, nantinya akan menjadi bekal untuk bertugas di lapangan. Yaki tentang bagaimana cara bertindak dan bagaimana cara mengatasi apabila ada permasalahan.

Harapan saya, tandas Kapolres, anggota melaksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab, bersinergi dengan instansi terkait dan tetap melaksanakan dengan cara yang humanis.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan paparan dari Kabag Ops selalu Karendal Ops, dan Kasat Lantas sebagai fungsi yang dikedepankan dalam pelaksanaan Operasi Zebra Candi tahun 2023.
Bambang Pur