blank
Ilustrasi TVRI. Reka: wied

Oleh: Gunawan Witjaksanablank

LEMBAGA Penyiaran Publik (LPP) TVRI baru saja berulang tahun ke-61 pada tanggal 24 Agustus 2023lalu. Di tengah usianya yang makin matang, sebagai LPP, hiruk-pikuk tantangan sekaligus persaingan makin ketat mengadangnya.

Di sisi lain, sebagai media penyiaran publik TVRI jelas mengemban tugas menyajikan berbagai tayangan yang bermanfaat bagi publik, meskipun mungkin  dari sisi politik tayangan media tersebut dipandang Kurang menarik sekaligus mempunyai nilai jual yang tinggi.

Demikian pula sesuai dengan mottonya sebagai “media pemersatu bangsa”,  setiap tayangannya tentu disesuaikan mottonya tersebut.

Pertanyaannya, apa yang sebaiknya yang dilakukan TVRI, sehingga secara kelembagaan serta mottonya tetap bisa menyajikan berbagai tayangan secara fungsional, namun tetap menarik perhatian publiknya secara maksimal ?

Segmentasi

Tidak seperti masa lalu bahwa TVRI itu bagai pasar swalayan yang menyajikan apa saja, saat ini sudah ada segmentasi pemirsa dengan  setidaknya menampilkan Chanel TVRI Sport, TVRI World, TVRI Nasional, serta berbagai Chanel TVRI Daerah.

Tentu saja hal itu merupakan upaya melayani berbagi segmen pemirsanya yang makin dinamis melalui berbagai minat yang sangat heterogen sifatnya.