blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- sudah menjadi kebiasaan meminum teh tentunya merupakan hal yang lumrah ditemui oleh banyak orang di dunia. Teh memang menjadi salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh hampir setiap orang di dunia. Teh juga dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara tepat dan benar.

Umumnya saat seseorang sedang menyeduh teh pastinya akan meninggalkan ampas dari sisa daun teh tersebut untuk dibuang karena dianggap tidak berguna. Namun, ternyata ampas teh yang umumnya langsung dibuang tersebut memiliki manfaat lain.

Pengendapan ampas teh ini ternyata tidak merusak kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya. Vitamin E memiliki efektifitas untuk mencerahkan kulit dan menjaga elastisitas kulit. Penggunaan teh basi layaknya skrub dapat dioleskan langsung ataupun dijadikan sebagai masker wajah.

Baca Juga: Bahaya Bagi Kesehatan! Ini 4 Alasan Mengapa Kebiasaan Minum Teh Setelah Makan Tidak Dianjurkan

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, teh juga baik untuk kulit wajah. Manfaat teh untuk wajah ini diketahui berasal dari beragam senyawa dan sifat antioksidan di dalamnya. Bahkan, kandungan kafein di dalam teh mampu mencerahkan kulit yang kusam. Berikut 3 manfaat dari ampas teh yang perlu diketahui.

1. Bahan Pupuk Alami

Ampas teh umumnya akan langsung dibuang apabila telah selesai digunakan untuk menyeduh teh. Akan tetapi, ternyata ampas ini juga bisa digunakan untuk membuat pupuk alami yang ramah lingkungan. Melansir dari situs neurafarm.com, ampas teh dapat digunakan sebagai bahan pupuk alami, terutama pupuk kompos.

Ampas teh sisa seduhan ternyata masih memiliki banyak kandungan seperti flavonoid, polifenol, vitamin C, vitamin E dan beberapa kandungan mineral lainnya yang baik untuk menyuburkan tanah. Cara membuat pupuk dari ampas teh ini cukup mudah, yakni dengan langsung menyebarkan ampas tersebut ke tanah yang akan ditanami lalu aduk hingga merata. Pastikan kondisi ampas tersebut masih lembab atau basah untuk mempermudah proses fermentasi dengan tanah.

Baca Juga: Ada Teh Hijau, Ini 9 Makanan yang Dapat Mencegah Sakit Migran

2. Obat Anti Hama

Selain digunakan sebagai pupuk kompos, ternyata ampas teh juga dapat menjadi pestisida atau obat anti hama yang ramah lingkungan. Melansir dari situs mediatani.co, ampas sisa seduhan teh dapat berguna sebagai anti hama seperti jamur dan beberapa jenis kutu. Cara penggunaan obat anti hama dengan bahan ampas teh ini cukup mudah.

Kamu dapat menaburkan langsung ampas teh ke atas tanah atau media tanam yang akan ditanami. Bisa pula dengan mencampurkan ampas teh tersebut dengan sedikit sabun dan air kemudian diamkan selama beberapa jam sebelum disemprotkan ke tanaman. Cara ini juga diyakini dapat menyehatkan tanaman dengan memperoleh nutrisi tambahan dari larutan ampas teh tersebut.

3. Menjaga Kesehatan Wajah

Salah satu manfaat lain dari ampas teh adalah bisa digunakan untuk menjaga kesehatan wajah. Melansir dari situs halodoc.com, ampas teh dapat berguna untuk mencerahkan kulit dengan dijadikan sebagai masker wajah tradisional.

Baca Juga: Benarkah Minum Teh Setelah Makan Besar Bisa Berbahaya? Yuk Simak…

Cara penggunaannya cukup mudah, ambil ampas teh yang telah diseduh. Kemudian campurkan dengan air hangat dan sedikit madu alami dan perasan jeruk lemon. Lalu, ratakan masker tersebut di area wajah dan tunggu selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Selain dapat mencerahkan kulit, masker dari ampas teh ini juga dapat membantu menghilangkan jerawat karena memiliki kandungan Zat Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang berguna untuk mempercepat hilangnya jerawat pada kulit wajah. Cara penggunaannya cukup mudah seperti menggunakan masker untuk mencerahkan wajah. Hanya saja tidak perlu ditambahi madu ataupun perasan air jeruk lemon.

Nah, itulah beberapa manfaat lain dari ampas teh yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia