blank
SIMPEL - Kepala OJK Tegal Noviyanto Utomo secara simbolis menyerahkan tabungan simpanan pelajar (SimPel). (Foto: Istimewa).
TEGAL (SUARABARU.ID) – Dalam rangka meningkatkan inklusi keuangan di wilayah Eks Karesidenan Pekalongan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal, mengadakan kegiatan OJK Tegal Goes to School (OTGS).
Kegiatan ini merupakan bagian dari Peringatan Hari Indonesia Menabung (HIM) yang diperingati setiap tanggal 20 Agustus tiap tahunnya. Tema peringatan HIM Tahun 2023 adalah Membangun Generasi Indonesia Menabung.
“OJK Tegal terus mendorong budaya menabung khususnya pada pelajar yang sangat penting untuk meningkatkan inklusi keuangan dan perencanaan masa depan sekaligus bisa memperkuat pendanaan pembangunan,” kata Kepala Kantor OJK Tegal, Noviyanto Utomo Kamis (24/8/2023).
Dijelaskan, OJK Tegal menggandeng empat sekolah dan lima Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Adapun sekolah dan BPR yang terlibat adalah SMA Negeri 1 Bumiayu, SMA Negeri 1 Sirampog SMK Negeri 1 Kersana, SMA Negeri 2 Brebes, PT BPR Bumiayu Bangun Citra, PT BPR BKK Banjarharjo, Perumda BPR Bank Brebes, PT BPR Arisma Mandiri, dan PT BPR Muhadi Setia Budi.
OJK Tegal Goes to School dilaksanakan pada tanggal 8, 9, 14 dan 16 Agustus 2023. OJK mengajak para pelajar untuk menabung melalui Simpanan Pelajar (SimPel) di BPR. “Selain itu, kami juga mengenalkan tugas dan fungsi OJK, produk dan lembaga jasa keuangan, pengenalan pasar modal dan perencanaan keuangan,” terang Noviyanto.
OJK Tegal Goes to School terakhir digelar pada 16 Agustus 2023 lalu di Aula SMA Negeri 2 Brebes bersama PT BPR Arisma Mandiri dan PT BPR Muhadi Setia Budi. Kepala OJK Tegal Noviyanto Utomo menegaskan, bahwa OJK telah memfasilitasi pembukaan rekening tabungan untuk 425 pelajar dengan saldo masing-masing sebesar Rp 50.000.00.
“Kami berharap pelajar yang telah mempunyai rekening Simpel untuk terus menambah saldonya karena ini untuk kepentingan pelajar-pelajar tersebut di masa depan. Kami mengkampanyekan budaya menabung ini untuk menciptakan generasi Indonesia yang disiplin menabung,” ujar Novianto.
OJK akan memantau perkembangan Simpel ini selama setahun kedepan dan Novianto berharap ada perkembangan positif dari kegiatan ini.
Dari data per Triwulan II 2023, jumlah rekening meningkat sebesar 47,75 persen YoY sedangkan jumlah nominal rekening juga meningkat sebesar 66,49 persen YoY dan posisi 30 Juni 2023 jumlah total rekening Simpel adalah 33.336 rekening dengan total nominal Rp 4.690.630.532.00.
“Puncak peringatan Hari Indonesia Menabung secara Nasional digelar bersamaan dengan kegiatan Pramuka Raimuna Nasional XII 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jawa Barat pada tanggal 20 Agustus 2023 kemarin,” tutup Noviyanto.
Sutrisno