Para pemain Indonesia merayakan kemenangannya atas Thailand di babak semi final. Di babak final, mereka akan jumpa Vietnam, usai mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1. Foto: pssi

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Timnas U23 Indonesia, sukses melaju ke final Piala AFF U23 2023. Kepastian ini didapat, seusai Garuda Muda mengalahkan Thailand dengan skor 3-1, pada laga semi final di Stadion Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023).

Tiga gol skuad Garuda Muda dilesakkan Jeam Kelly Sroyer menit 10, Muhammad Ferarri (22), dan bunuh diri Natcha Promsomboon (45+1). Sedangkan gol Thailand diciptakan Chudit Wanpraphao (27).

Seusai laga, pelatih Shin Tae-yong mengatakan, dirinya memuji perjuangan anak-anak asuhnya. ”Kerja keras menjadi kunci kemenangan di pertandingan ini. Kami apresiasi semua pemain Indonesia U23, yang telah bermain bagus saat melawan tuan rumah,” kata Shin Tae-yong usai laga.

BACA JUGA: PSIS Tak ‘Full Team’ Lawan Persik

Diakuinya, empat negara yang lolos di babak semi final, semuanya merupakan tim yang sangat kuat. ”Secara pribadi, saya pikir pertandingan final mendatang melawan Vietnam akan sangat bagus. Kemenangan ini juga menambah kepercayaan diri pemain,” tambahnya.

Sementara itu, pemain belakang Muhammad Ferarri, megaku bersyukur Indonesia mampu meraih kemenangan dan lolos ke final.

”Alhamdulillah, kami lolos ke final. Ini berkat kerja keras semua pemain, kompak dan mengikuti instruksi pelatih dengan baik. Kami yakin, pada laga final besok melawan Vietnam, dapat meraih kemenangan. Apalagi kita sering bertemu mereka, terakhir saat SEA Games 2023 lalu,” kata Muhammad Ferarri.

BACA JUGA: Garank 1 Cegat Wagub Taj Yasin, Wadul Soal Pelantikan Perades Kudus

Dengan kemenangan ini, skuad Garuda Muda melaju ke final untuk menghadapi Vietnam, pada Sabtu (26/8/2023). Pada laga semi final sebelumnya, Vietnam mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1.

Momen ini juga menjadi kemenangan perdana pelatih Shin Tae-yong atas Thailand, semenjak dirinya ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia sejak akhir Desember 2019.

Riyan