blank
Dandim 0728 Letkol (Inf) Deny Octavianto (depan) didampingi Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (berdiri di belakangnya) bersama Forkompimda, melakukan tanam pohon dalam melaksanakan gerakan penghijauan.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri, Rabu (23/8), melakukan penanaman bibit pohon dalam rangka melaksanakan gerakan penghijauan. Kegiatan ini bertema ”Polri Lestarikan Negeri, Melalui Penghijauan Sejak Dini.”

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyatakan, kegiatan penghijauan ini dipusatkan di Kompleks Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur Pantai Sendang Asri Wonogiri ini, sekaligus untuk memeriahkan peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023.

Kegitan penghijauan ini dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah. Diikuti oleh oleh Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo bersama para Pejabat Utama (PJU) Polres, para anggota Polres dan Ketua Bhayangkari Cabang Wonogiri Ny Putri Indra Waspada berserta pengurus Bhayangkari Wonogiri.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Porman Patuan Radot, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rois Torodji, Ketua Pengadilan Agama Ahsan Dawi, Kepala Lapas Agustiyar Ekantoro.

Juga hadir Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Dispora) Haryanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bahari, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trias Budiono, Relawan Search And Rescue (SAR) Wonogiri.

Nasional

Selain di tingkat Polres, kegiatan ini juga dilakukan serentak di seluruh Polsek se Wonogiri, dalam rangka mendukung sukses gerakan nasional yang dilaksanakan serentak di seluruh Tanah Air.

Jumlah bibit penghijauan yang ditanam sebanyak 1.750 pohon. Perinciannya, sebanyak 500 pohon ditanam di komplek parkir Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, dan sebanyak 1.250 pohon ditanam di 25 Polsek se jajaran Polres Wonogiri. Bibit yang ditanam, terdiri atas Jambu, Trembesi, Rambutan, Mahoni, Ketapang, Akasia dan beberapa jenis pohon lainnya.

Kata Kapolres, penanaman pohon ini merupakan gerakan penghijauan serentak yang dilakukan oleh Polri di seluruh Indonesia. ”Sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian lingkungan,” tandas Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah.

Harapannya, untuk pelestarian alam, konservasi tanah, mengendalikan erosi dan mencega bencana banjir. Juga untuk mencitapakan lingkungan yang sejuk, teduh, segar dan indah, yang mampu mengeluarkan O2 (oksigen) menciptakan udara segar dan menjadi paru-paru lingkungan.

”Penanaman pohon dalam gerakan penghijauan ini, bukan hanya sekadar menanam bibit dan merawatnya. Tetapi, untuk memberikan contoh nyata kepada masyarakat, akan pentingnya menjaga kelestarian alam demi masa depan yang lebih baik,” tegas Kapolres.
Bambang Pur