blank
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Ahmad Luthfi bersama Forkopimda melakukan penanaman pohon di tepian Waduk Jatibarang. Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Polda Jawa Tengah melakukan penanaman berbagai jenis pohon di tepian Waduk Jatibarang, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang yang merupakan salah satu penyangga kebutuhan air bersih untuk wilayah ibu kota Provinsi.

Penanaman dilaksanakan secara simbolis oleh Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, bersama Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, Kajati, I Made Suarnawan, perwakilan Kodam IV/Diponegoro dan Forkopimda lainnya.

Penanaman pohon dilakukan dengan berbagai tanaman pohon keras seperti trembesi, mahoni dan beringin yang disesuaikan dengan karakteristik wilayah masing masing. Di jajaran Polda Jawa Tengah ini ada hampir 40 ribu pohon yang ditanam.

“Hari ini dilaksanakan penanaman pohon di wilayah Gunungpati untuk menjaga ketersediaan air bersih di wilayah Semarang dan sekitarnya. Selain itu juga untuk mengatasi banjir,” kata Luthfi.

Ia menyebut, beberapa kegiatan preemtif dan preventif terkait kekeringan yang melanda sejumlah wilayah menjadi perhatian. Pertama terkait peristiwa kebakaran dan yang kedua terkait bantuan air bersih.

“Kita sudah petakan di masing-masing Polres dan sudah dikendalikan Karoops Polda Jateng untuk menyiapkan rencana kesiapan menghadapi kemarau, guna membantu daerah-daerah yang mengalami kekeringan melalui pasokan air bersih,” ungkapnya.

Menurut Luthfi masing-masing Polres sudah menyiapkan rencana kesiapan menghadapi kemarau untuk membantu daerah-daerah yang mengalami kekeringan melalui pasokan air bersih.

Sementara itu Sekda Provinsi Jateng, Sumarno mengatakan, berdasarkan informasi yang didapat dari BMKG, kondisi kemarau maupun kekeringan akan berlangsung sampai bulan September. Dari data tersebut pihaknya sudah melakukan beberapa langkah antisipatif.

Untuk ketersediaan pangan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bulog, sedangkan bantuan air bersih sudah disiapkan dari Dinas Pekerjaan Umum maupun BPBD untuk mensuplai daerah yang terdampak.

Selain untuk mengatasi masalah banjir, Waduk Jatibarang juga menjadi salah satu destinasi objek wisata wilayah Semarang, Jawa Tengah.

Ning S