blank
KETANGKASAN - Peserta lomba tengah adu ketangkasan di atas sungai Bronjong Pesindon. (foto: dinkominfo)
KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Menyambut HUT ke-78 Republik Indonesia, warga kampung pesindon memiliki tradisi yang tidak pernah dilewatkan, yakni pesta air lewat event Bronjong Fair 2023. Sejumlah lomba dikemas apik dalam kegiatan ini, berlangsung Kamis (17/8/2023) pagi hingga sore hari.
Puluhan warga berbondong-bondong mulai anak-anak, remaja dan orang tua dengan antusias menyaksikan lomba yang digelar di sungai Bronjong Pesindon, Kecamatan Pekalongan Barat.
Ketua RW 12 Kampung Batik Pesindon, Agus Heriyanto mengatakan bahwa HUT Republik Indonesia menjadi momen penting bagi warganya dan sangat dinanti-nantikan. “Sudah menjadi tradisi, bronjong fair tahun ini merupakan kegiatan kesekian kali yang diadakan warga kami, menjadi ajang hiburan dan guyub rukun bagi mereka,” terangnya sambil menyaksikan perlombaan Bronjong Fair bersama Kapolsek Pekalongan Barat, AKP Siswanto dan tamu undangan lainnya.
Adapun lomba yang digelar antara lain panjat pinang di atas sungai, maraton bebek dan lomba renang. Sebanyak 50 peserta turut memeriahkan event ini, tak hanya warga Pesindon, warga daerah lain juga tidak ingin melewatkan keikutsertaannya pada event tersebut.
Total hadiah yang diberikan oleh panitia yaitu 10 juta rupiah. Agus berharap kedepan tradisi masyarakat ini yang diumpamakan sebagaimana perjuangan pahlawan terdahulu bisa terus berjalan dan dapat memperoleh dukungan dari pemerintah setempat serta masyarakat kota Pekalongan.
Nur Muktiadi