Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo secara simbolis menyerahkan remisi kepada warga binaan Lapas di Semarang. Foto: Dok/Ning S

Sementara itu Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo pada kesempatan itu berpesan pada narapidana yang bebas agar tidak kembali melakukan tindak pidana lagi.

Ganjar meminta mereka agar menerapkan pembinaan-pembinaan yang telah diberikan saat di Lapas maupun Rutan, termasuk pembinaan kemandirian dan keterampilan.

“Memasyarakatkan mereka dengan memberikan keterampilan, membuat batik, membuat kerajinan juga pintar, tinggal produktif,” ujarnya.

“Jadi kalau mereka keluar sudah punya keterampilan dan bekerja. Dan itu merupakan cara agar mereka tidak kembali berbuat kejahatan,” tandasnya.

Gabriel, warga binaan LPP Semarang yang langsung bebas kepada awak media mengaku senang karena bisa langsung pulang ke tempat asalnya di Jawa Timur.

Gabriel merupakan warga binaan dalam kasus narkotika dari Lapas Perempuan Semarang. Gabriel adalah satu dari 202 narapidana yang mendapat remisi.

Sebagai informasi, jumlah penghuni Lapas dan Rutan se-Jawa Tengah per 10 Agustus 2023 ada 14.346 orang, dengan rincian narapidana 11.578 orang dan tahanan 2.768.

Sementara untuk kapasitas hunian sendiri seharusnya hanya menampung 9.438 orang.

Ning S