Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (kiri depan) menyalami para anggota Paskibraka yang dikukuhan dan akan bertugas pada upacara Tanggal 17 Agustus 2023 mendatang.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, Selasa (15/8), mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Mereka akan bertugas pada upacara Tanggal 17 Agustus Tahun 2023, yang rencananya akan dihadiri Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudoyono (SBY).

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, upacara pengukuhan digelar di Pendapa Mas Tumenggung Djogokarjo dan berlangsung khidmat.

Diawali dengan pengucapan Ikrar Putra Indonesia. Selanjutnya, Bupati Pacitan mengikatkan sabuk (kendit) kepada Komandan calon Paskibraka, yang kemudian diikuti oleh seluruh anggota pasukan.

Prosesi pemakaian sabuk kendit warna dasar hijau tersebut, menjadi penanda diresmikannya menjadi Anggota Paskibraka Kabupaten Pacitan Tahun 2023. Mereka merupakan para pelajar yang dipilih melalui seleksi dari sejumlah sekolah di Kabupaten Pacitan.

Ikut hadir dalam upacara pengukuhan, jajaran Forkopimda bersama para pelatih. Juga para Pimpinan Perangkat Daerah beserta para orang tua anggota Paskibra.

Istimewa

Dalam sambutannya, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, mengatakan, Paskibraka akan mengemban tugas mulia mengibarkan dan menurunkan Sang Saka Merah Putih pada Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI. Anggota Paskibra, tambah Bupati, juga mengemban tugas ikut menjaga keberlangsungan ideologi Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah bangsa Indonesia.

Hal ini berdasarkan Perpres Nomor 13 Tahun 2021 tentang pembinaan ideologi Pancasila kepada generasi muda, melalui program Paskibraka

”Saya berharap agar kalian menjadi putra terbaik bangsa, yang senantiasa menjadi garda terdepan dalam menjaga tegaknya empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD-45, NKRI dan ke-Bhinekaan,” pesan Bupati.

Upacara peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 di Kabupaten Pacitan, menurut Bupati akan berlangsung istimewa. Rencananya, upacara peringatan detik-detik proklamasi Hari Kamis (17/8), akan dihadiri Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga.
Bambang Pur