Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto bersama istri (berdiri kiri) memimpin Baksos donor darah massal yang digelar di Pendapa Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto, Selasa (15/8), memimpin Bakti Sosial (Baksos) donor darah massal. Ini dilakukan dalam rangka mendukung sukses gerakan donor darah massal yang dilakukan jajaran Kodam IV/Diponegoro menyambut HUT RI Ke-78 Tahun 2023.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, menyatakan, bersamaan donor darah tersebut, juga digelar berbagai kegiatan lain. Diantaranya melaksanakan penghijauan dan pembagian sembako kepada veteran, masyarakat kurang mampu dan anak stunting.

Baksos donor darah massal digelar di Pendapa Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri. Terkait ini, Kodim 0728 Wonogiri menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Wonogiri dan Pemerintah Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri. Tujuannya, dalam upaya ikut membantu tercukupinya kebutuhan darah masyarakat.

Ikut hadir mendampingi Dandim, Kasdim Mayor (Inf) Iman Maulana Sirod bersama para Perwira Staf dan para Danramil se jajaran. Juga hadir Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang XLIX Ny Joy Deny Octavianto, bersama personel pengurus dan anggota.

Serentak

Dandim Letkol (Inf) Deny Oktavianto, mengatakan, Baksos donor darah massal ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan menyambut HUT RI Ke-78 Tahun 2023 yang digelar secara serentak di seluruh jajaran Kodam IV/Dipinegoro. Yang pelaksanaannya disaksikan langsung oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, melalui video zoom.

Sebanyak 155 kantong (colf) darah terkumpul pada Baksos donor darah yang dilakukan jajaran Kodim 0728 Wonogiri tersebut. Kata Dandim, donor darah dapat merangsang terjadinya proses peremajaan sel-sel darah. Yang berdampak kebaikan pada kesehatan pendonor.

Bakos ini, tambah Dandim, merupakan wujud nyata kepedulian sosial dan rasa solidaritas segenap anggota TNI dan warga masyarakat, dalam membantu ketersediaan stok darah yang ada di PMI Kabupaten Wonogiri.

Menjadi donor darah sukarela, akan menjadi pahlawan kemanusiaan. Sebab darah yang didonorkan, akan sangat membantu bagi warga yang membutuhkan. Darah yang didonorkan bagi kepentingan kemanusiaan, sesuai dengan slogan ”Setetes darah sangat bermanfaat bagi sesama.”
Bambang Pur