blank

JEPARA (SUARABARU.ID|) – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh siswa dari SDN 2 Jerukwangi, Mersinta Zahra Salim. Mersinta panggilan akrabnya bersama tim INKANAS Malida Jepara berhasil meraih juara 2 dalam ajang International Karate Championship Yogyakarta Open Tournamen III 2023.

International Karate Championship Yogyakarta Open Tournament III 2023 kembali digelar di GOR Amongrogo Jumat (11/8/23). Diikuti 128 kontingen, kejuaraan ini berlangsung hingga Minggu (13/8/23).

blank

Anak pasangan Nor Salim dan Zahrotun Nikmah yang tinggal di wilayah RT 02 RW 06 Desa Jerukwangi,Bangsri, Jepara ini mengaku dukungan kedua orang tuanya sangat besar.

blank

“Alhamdulillah ada senang dan terharunya dengan pencapaian ini. Semua proses tak terlepas dari doa dan dukungan orang tua, guru dan teman-teman di sekolah SDN 2 Jerukwangi,” kata Mersinta.

Kepala SDN 2 Jerukwamgi Atiqul Baru, S.Pd.SD, M.Pd menjelaskan, seluruh kontingen berasal dari Sabang-Merauke. “Jadi kali ini persebarannya sangat luas,” paparnya Senin (14/8/23).

blank

Selain dari Indonesia, turnamen ini juga diikuti oleh peserta asal Malaysia. Tim ini, disebutnya sering turun di level-level internasional. turnamen itu sangat bermanfaat bagi para peserta didik untuk mengasah prestasi. Apa lagi turnamen ini bersifat internasional.

“Artinya itu kan ada negara lain yang mengikuti turnamen ini. Sehingga itu bisa menggugah anak-anak untuk lebih berprestasi dan bersemangat lagi,” ujar Atiqul Baru

blank

Berbeda dengan teman sekelas lainnya, Mersinta belajar dan latihan rutin karate di MA Malida. Tahun kemarin, ia berhasil menjadi juara 1 Piala Bupati Grobogan, Juara 1 Kejuaraan Kabupaten Jepara.

“Sebelumnya saya diminta sama guru di tim INKANAS Malida Jepara, Bapak Ahmad Efendi kalau ada International Karate Championship Yogyakarta Open Tournament III 2023 di GOR Amongrogo,” terangnya

Meskipun tahun sebelumnya saya belum pernah ikut dan punya pengalaman di tingkat daerah, tahun ini Alhamdulillah berhasil di tingkat internasional” ungkapnya.

Berbekal pengalaman tahun lalu, Mersinta mencoba rajin latihan karate 1 minggu 3 kali bahkan menjelang lomba setiap hari dan melakukan secara konsisten. Hasil latihan itu diterapkannya di pentandingan-pertandingan yang mengantarkannya ke pertandingan daerah, nasional, bahkan internasional.

“Saya belajar dan dilatih oleh pelatih Bapak Ahmad Efendi. Saya mendapat pengalaman pemenang tahun lalu dan juga di tahun ini, saya gali dan terapkan langkah-langkahnya. Alhamdulillah berhasil dan 3 hari pertandingan di GOR Amongraga Yoyakarta tingkat internasional,” tambah Mersinta.

“Saya senang, karena bisa ikut lomba di Yogya. Saya menjadi tambah teman, mengenal banyak orang di berbagai daerah bahkan manca negara. ” jelas Mersinta.

Mersinta mengaku untuk meningkatkan kemampuan, berlatih setiap hari dari pukul 08.00-10.00 WIB dan waktu sore pukul 15.00-16.00. Usaha tersebut tentunya tak sia-sia dengan prestasi yang kini ia dan tim raih.

blank

Disamping itu Kepala SDN 2 Jerukwangi juga mengucapkan selamat atas prestasi yang dicapai Ananda ” Satrio Abdi Gusti Wijaksono” yang menjadi juara 1 dalam Azfa Cup Indonesia. ” Semoga prestasi kedepan semakin gemilang dan bermanfaat bagi masa depan,” ujar Atiqul Baru, Kepala SDN 2 Jerukwangi

Hadepe – Atiek