blank
Para peziarah di Makam Sunan Kalijaga yang ada di Kadilangu, Kabupaten Demak, saat istirahat di area parkir tempat wisata religi itu. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Setelah melihat unggahan berupa rekaman keluhan rombongan peziarah di Makam Sunan Kalijaga, yang ada di Kadilangu, beberapa waktu lalu, Dinas Pariwisata Demak langsung melakukan investigasi.

Dalam unggahan itu, beberapa peziarah mengalami kejadian tidak menyenangkan saat makan di area kuliner Kadilangu. Mereka menganggap pedagang memberikan makanan basi dengan harga yang mahal.

Atas kejadian itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata, Endah Cahyarini menyampaikan, pihaknya langsung melakukan pengecekan ke tempat makan yang sempat diviralkan oleh akun media sosial TikTok Mba Dheva, yang kini sudah dihapus.

BACA JUGA: Sambut HUT Kemerdekaan Ke-78, Pangdam IV/Diponegoro Bagikan Sembako untuk Masyarakat

Endah juga menyebutkan, pihaknya juga melakukan edukasi kepada para pedagang lainnya, yang ada di area wisata religi itu.

”Kami akan melakukan pendalaman di lapangan, dengan melakukan komunikasi, pembinaan dengan para pelaku pariwisata yang ada. Termasuk dengan para pedagang, agar kejadian serupa tidak akan terjadi lagi,” kata Endah, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/8/2023).

Ditambahkan dia, dinamika di lapangan memang bermacam-macam. Untuk itu, agar lebih konkret pihaknya akan melakukan komunikasi dan pendekatan yang lebih intens.

BACA JUGA: DPRD dan Pemkab Jepara Teken KUA PPAS Perubahan Tahun 2023, Pos Belanja Turun Rp. 25, 2 Millar

Menurutnya, kinerja pemerintah akan menjadi lebih baik jika didukung berbagai pihak, serta dijalankan secara bersama sama. Pemerintah juga tidak bisa bergerak sendiri, namun hendaknya semua pihak harus bergerak bersama, dan berkomitmen melaksanakan Sapta Pesona.

Terpisah, koordinator pelaku usaha setempat, Zaenal Arifin menambahkan, pedagang yang bersangkutan merupakan anggota yang kurang aktif. Lantaran usianya yang sudah lanjut.

”Pemiliknya memang sudah tua, dan butuh cara khusus untuk mengatasinya. Kita juga sudah melakukan pembinaan kepada warung bersangkutan, dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait. Karena memang selama ini kita selalu melakukan pembinaan kepada pedagang kuliner di area itu,” tegas Zaenal.

Rudy Riyan