Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono menyerahkan paket sembako kepada veteran. Foto: Dok/Pendam

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023, Kodam IV/Diponegoro menggelar kegiatan baksos dengan membagikan 9.500 paket sembako kepada masyarakat sekitar.

Secara simbolis, paket sembako diserahkan oleh Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono bersama Ketua Persit KCK PD IV/Diponegoro, Novita Widi Prasetijono di Lapangan Parade, Kompleks Makodam, Senin (14/8/2023).

Selain diberikan kepada masyarakat kurang mampu, baksos juga dibagikan kepada keluarga yang berisiko stunting. Termasuk kepada sejumlah keluarga besar tentara hingga veteran sebagai bentuk penghormatan.

Kegiatan baksos pembagian sembako ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro. “Semoga memberi manfaat bagi masyarakat dan bisa dikembangkan untuk kegiatan yang lebih besar lagi,” kata Widi.

Mewakili Veteran wilayah Kodam IV/Diponegoro, Sutopo selaku Ketua Ranting Veteran Banyumanik mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Pangdam IV/Diponegoro atas tali asih yang diberikan,” ucapnya.

Terkait kesiapan Kodam IV/Diponegoro dalam menghadapi Pemilu 2024, Pangdam menjelaskan bahwa sejauh ini berbagai persiapan telah dilaksanakan, diantaranya rapat kesiapan dengan Kepolisian Daerah Jateng maupun Kepolisian DIY serta penyusunan SOP. Kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan latihan-latihan guna menghadapi situasi yang tidak diharapkan.

“Intinya, Kodam IV/Diponegoro dengan seluruh jajaran, apakah itu yang berada di wilayah, baik Korem maupun Kodim ataupun satuan tempur semuanya sudah siap untuk melaksanakan kegiatan pengamanan dalam rangka pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak yang dilaksanakan pada tahun 2024, termasuk persiapan-persiapannya,” tandas Widi.

“Kita mengawal masyarakat yang menggunakan hak pilih, karena TNI netral. Kita menjaga jarak yang sama dengan semua unsur, kita juga menjaga situasi kondusif dan situasi yang gembira,” pungkasnya.

Ning S