Usai menerima medali finisher, Ganjar berfoto bersama istrinya, Siti Atikoh. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengikuti event 10K Jateng 78th Anniversary Run, yang digelar di Kota Semarang, Minggu (13/8/2023).

Event itu diselenggarakan untuk memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, dan Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jateng.

”Semua merayakan hari kemerdekaan, sekaligus merayakan ulang tahun Jateng, dan kawan-kawan dari Pemprov ternyata banyak yang pelari juga. Hari ini kita rayakan, semuanya lari,” kata Ganjar, usai melewati garis finish.

BACA JUGA: Gali dan Maksimalkan Potensi Anak Muda di Jateng, Pena Mas Ganjar Gelar Pertandingan Bola Voli

Ganjar mengibaskan bendera start, tanda dimulainya event 10K Jateng 78th Anniversary Run, yang digelar di Kota Semarang, Minggu (13/8/2023). Foto: hms

Jateng Anniversary Run itu diikuti sekitar 350 ASN Pemprov Jateng, sejumlah komunitas lari, dan masyarakat. Selain Ganjar dan istrinya Siti Atikoh Ganjar Pranowo, di antara ratusan pelari itu juga terdapat Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen dan Sekda Jateng Sumarno.

”Pak Sekda lari, para kepala dinas lari, banyak runners juga dan kita melibatkan yang dari luar juga. Ternyata peminatnya banyak. Pokoknya kalau semangat olahraganya bagus, bangsanya sehat,” ungkap Ganjar.

Ratusan peserta itu mulai lari sekitar pukul 06.00 WIB. Ganjar melepas para pelari di garis start, dari gerbang Kantor Gubernur Jateng. Setelah itu Ganjar langsung menyelinap masuk di antara rombongan peserta, melintasi kawasan Simpanglima Semarang.

BACA JUGA: Ini yang Dilakukan Siswa SMKN 1 Jepara Saat Mengunjungi Chabibur Rohman, Owner Properti Jepara

Ganjar dan para pelari kemudian melintas di Jalan DI Panjaitan, MT Haryono, Letjend Suprapto, Kota Lama, dan Jalan Pemuda. Pelari kemudian mengambil rute di Jalan MH Thamrin, Pandanaran, Simpanglima, dan finish di gerbang Kantor Gubernur Jateng.

Di sepanjang rute itu, Ganjar menjadi buruan para pelari dan masyarakat yang meminta foto. Ganjar akhirnya mencapai garis finish sekitar pukul 07.00 WIB. Di sana sudah menunggu sang istri tercinta, yang lebih dulu mencapai garis finish. Dia kemudian menerima medali finisher, yang diberikan Siti Atikoh.

Seorang peserta, Zalfi, mengatakan event Jateng Anniversary Run ini sangat seru. Peserta sangat antusias, termasuk para pelari dari komunitas. Bahkan mereka menganggap, event ini layaknya sedang mengikuti race.

”Kesannya untuk para pelari ini seru, meskipun hanya fun run. Tetapi seperti race biasa. Untuk event selanjutnya, kalau bisa harus ada podium, jadi untuk semangatnya para pelari itu bisa lebih membara,” ujar runner dari Komunitas Freelatic Semarang itu.

Riyan