blank
Penyerahan poster dan modul bersama siswa SMP N 4 Bodeh

PEMALANG (SUARABARU.ID) – Hilangnya motivasi belajar pada anak dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti karena bosan, terlalu banyak tugas, rendahnya kemampuan memahami materi, metode belajar kurang menyenangkan dan kurangnya interaksi antara guru dengan siswa.

Karena itu Armayta Krisnanjani salah satu Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro belum lama ini melaksanakan Program Kerja Monodisiplin yang berjudul “Edukasi Motivasi Berprestasi Melalui Kompetisi Sains di SMP N 4 Bodeh”.

Acara ini diadakan di salah satu gedung sekolah dan diikuti oleh siswa kelas 7, 8, dan 9. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 Wib dengan menyampaikan tujuan dari acara ini, yaitu untuk memotivasi siswa agar berprestasi dalam bidang sains.

blank
Pemberian motivasi berprestasi serta pemahaman materi mengenai soal – soal Kompetisi Sains

Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mengenalkan kompetisi sains kepada para siswa agar mereka dapat belajar secara aktif dan bersemangat.

Pada sesi pertama, diadakan pemberian pengetahuan materi umum sains. Para siswa diberikan soal-soal yang meliputi berbagai macam bidang ilmu sains, seperti fisika, kimia, biologi, dan matematika. Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh siswa yang berusaha semaksimal mungkin untuk menjawab pertanyaan dengan benar.

Kemudian siswa juga dikenalkan dengan eksperimen sains sederhana. Mereka harus menunjukkan kemampuan dalam melakukan percobaan, mengamati hasil, dan membuat kesimpulan. Kegiatan ini memicu semangat para siswa untuk percaya diri, berkolaborasi, dan berpikir kreatif serta berpikir kritis untuk mengatasi suatu permasalahan.

Selanjutnya, diadakan sesi sharing tentang pengalaman kompetisi sains dari beberapa siswa yang pernah mengikuti kompetisi tingkat nasional. Mereka berbagi tips dan trik untuk bisa sukses dalam kompetisi sains, serta memberikan motivasi kepada teman – teman lainnya yang hadir.

blank
Sesi sharing bersama tentang pengalaman Kompetisi Sains

Secara keseluruhan, acara program kerja motivasi berprestasi melalui kompetisi sains ini berjalan dengan sukses. Para siswa sangat antusias dan terlihat termotivasi untuk mengembangkan minat dan bakat mereka dalam bidang sains. Semoga acara ini dapat memberikan dampak positif bagi siswa Desa Jatiroyom dalam meningkatkan prestasi akademik

Hadepe – Armayta Krisnanjani
Prodi S1 Fisika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro