blank
Foto bersama pegiat UMKM setelah memberikan edukasi pentingnya pembukuan melalui aplikasi BukuWarung

PEMALANG (SUARABARU.ID) – Laporan keuangan dalam suatu bisnis sangat penting yaitu untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan serta untuk mengetahui jumlah laba atau keuntungan yang diperoleh oleh pemilik usaha.

Sementara itu di era society 5.0 ini, masyarakat dituntut untuk dapat hidup berdampingan dengan teknologi, yaitu dengan cara mempelajari, menguasai, dan memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Namun beberapa pelaku UMKM di Desa Jatiroyom belum memanfaatkan teknologi khususnya untuk melakukan pencatatan laporan keuangannya dan masih melakukan pencatatan laporan keuangannya secara manual dengan tulis tangan.

Karena itu mahasiswa KKN TIM II UNDIP belum lama ini melakukan kegiatan pendampingan dan pemberian edukasi mengenai pembukuan sederhana melalui aplikasi Buku Warung.

blank
Booklet “Pembukuan UMKM Menjadi Lebih Mudah”

Acara sosialisasi mengenai pentingnya pembukuan dilaksanakan di Desa Jatiroyom dengan sasaran pelaku UMKM Toko Kelontong. Kegiatan ini diawali dengan pemaparan mengenai pemanfaatan aplikasi BukuWarung yang dapat memudahkan pelaku UMKM dalam melakukan pembukuan. Setelah pemaparan berakhir, KKN TIM II UNDIP memberikan pelatihan dan pendampingan dalam penggunaan aplikasi BukuWarung.

Dengan berlangsungnya kegiatan ini, diharapkan bahwa para pelaku UMKM di Kecamatan Bodeh dapat melakukan kegiatan pencatatan dan pembukuannya dengan mudah dan praktis dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi di era society 5.0 ini sehingga pemilik usaha lebih mudah dalam mengembangkan usaha ke depannya.

Hadepe – Dhea Lestari Damayanti
D4 Akuntansi Perpajakan, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro