blank
Petugas damkar sedang memadamkan api yang membakar kandan dan seekor sapi di Desa Mangunrejo, Pulokulon, Senin 7 Agustus 2023. Foto: Damkar Satpol PP Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Ini sudah yang kesekian kali terjadi di wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Kandang sapi berikut ternak yang ada di dalamnya terbakar ludes,  dan seekor sapi mati terpanggang.

Kandang ternak beserta seekor sapi yang ada di dalamnya hangus terbakar ini terjadi di Desa Mangunrejo, Kecamatan Pulokulon, Grobogan, Senin 7 Agustus 2023.

“Tidak ada korban manusia, namun satu ekor sapi dalam kandang milik Hasan Rohmat (61) warga Dusun Blabur, Desa Mangunrejo tewas terpanggang api. Kerugian akibat kejadian tersebut diperkirakan mencapai Rp75 juta,” kata Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kapolsek Panunggalan AKP Siswanto.

Dia menjelaskan, peristiwa kebakaran kandang berikut seekor sapi milik Hasan Rohmat terjadi sekira pukul 14.00 WIB. “Kejadian kebakaran dilaporkan Kepala Dusun Blabur ke Polsek Panunggalan sekira pukul 14.30 WIB,” kata Kapolsek Panunggalan.

Baca juga Rumah Terbakar Habis saat Pemilik Pergi tetapi Lupa Matikan Kompor

Adapun kejadian kebakaran kali pertama diketahui oleh saksi Anis Satur (33) warga Dusun Blabur. Saat itu saksi baru sampai di Madrasah Miftahul Huda untuk mengajar di madrasah tersebut. Anis melihat kepulan asap dari arah kandang.

Saksi kemudian mendatangi kandang sapi milik Hasan yang letaknya tak jauh dari madrasah. Saat itu saksi melihat api sudah membesar dan membakar bangunan kandang ternak beserta isinya.

Kontan saksi berteriak kebakaran dan minta tolong, sehingga warga sekitar lokasi kejadian berdatangan. Mereka kemudian berupaya memadamkan api yang membakar kandang dengan peralatan seadanya.

Api Bediang

Kejadian itu juga dilaporkan Kadus Blabur Ali Sadikin ke Polsek Panunggalan dan diteruskan ke Pos Damkar Wirosari. Petugas pemadam kebakaran bersama dua unit mobil damkar yang datang ke lokasi berhasil memadamkan api.

Baca juga Api Bediang Menjalar ke Jerami, Kandang Sapi Ludes Terbakar

Namun api terlanjur menghanguskan kandang dan seekor sapi yang ada di dalamnya. Akibat kejadian tersebut Hasan Rohmad menderita kerugian sekitar Rp75 juta.

Anggota Polsek Panunggalan dan Tim Inafis Polres Grobogan yang datang ke lokasi kejadian kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara dan meminta keterangan sejumlah saksi untuk mencari penyebab kebakaran.

“Dari keterangan pemilik kandang, sebelum kejadian sempat menyalakan api bediang. Diduga api menyambar dinding kandang yang terbuat dari kayu,” jelas Kapolsek Panunggalan

Atas kejadian ini Kapolsek AKP Siswanto mengimbau masyarakat khususnya di Pulokulon untuk memastikan sumber api sudah padam sebelum meninggalkan rumah. Hal ini untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Tya Wiedya