blank
Penyerahan medali cabor Basket 3x3 di GOR Bung Karno Kudus. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Kontingen Kabupaten Kudus masih tercecer di peringkat bawah klasemen sementara perolehan medali Porprov 2023. Hingga Senin (7/8) pagi, tim asal Kota Kretek baru kini terseok di peringkat 23  klasemen sementara dengan perolehan 2 emas, 4 perak dan 15 medali perunggu.

Raihan kontingen Kudus ini sangat jauh dari pemuncak klasemen yakni Kota Semarang yang sudah mengumpulkan 60 medali emas 46 perak dan 41 perunggu. Kontingen Kudus juga tercatat sebagai tim terbawah di antara kabupaten lain di Pati Raya yang menjadi tuan rumah Porprov 2023.

Medali emas yang diraih kontingen Kudus dihasilkan dari cabor tenis meja melalui nomor ganda campuran Dony  Prasetya Aji-Putri Deni Wulandari. Satu emas lagi diperoleh dari cabor Tarung Drajat melalui Vinka Widyaningrum yang bertarung di nomor Tarung Bebas Putri – Kelas 50,1 – 54 Kg.

Cabor tenis meja sebenarnya memberikan harapan medali emas saat tim beregu putri masuk final. Namun, di babak utama ini kontingen Kudus harus menyerah dari lawannya hingga akhirnya harus puas memperoleh medali perak.

Kegagalan meraih emas lain juga atlet panjat tebing yakni Nafatika Astuti yang turun di dua nomor speed WR perorangan putri dan speed klasik perorangan putri. Di dua nomor tersebut Nafatika gagal saat berlaga di final dan harus puas meraih dua medali perak.

Dengan klasemen sementara ini, peluang kontingen Kabupaten Kudus untuk mengulang prestasi sebelumnya dengan masuk tiga besar nampaknya sulit terjadi. Padahal, sebelumnya KONI Kudus sempat menargetkan bisa masuk 3 besar dengan Raihan 63 medali emas.

Untuk Senin (7/8) hari ini, sejumlah pertandingan Porprov akan digelar. Di Kabupaten Kudus beberapa pertandingan yang akan digelar diantaranya Gateball yang berlangsung di lapangan Tanjungkarang, Bulutangkis yang digelar di GOR Kaliputu, Anggar di Sport Center Gelora Bung Karno, Basket 5×5 di GOR Bung Karno, serta Tenis Meja di Sukun Sport Center.

Ali Bustomi