blank
Peserta mengikuti pelatihan pengolahan lidah buaya menjadi minuman sehat dan sabun cuci tangan di RW 04 Kelurahan Tlogosari Wetan (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mahasiswa KKN USM mengajak warga Tlogosari Wetan untuk mengolah Lidah Buaya dalam berbagai varian bentuk olahan seperti minuman segar dan sabun cuci tangan.

Kegiatan yang didanai oleh Universitas Semarang tersebut diikuti puluhan warga RW 04 Kelurahan Tlogosari Wetan, baru-baru ini.

Kegiatan menghadirkan pemateri Novita Dian Anggreiny dan Rosalinda Firdaus.

Dosen Pembimbing Lapangan KKN USM, Hani Purwanti., S.T., M.T mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga khususnya ibu-ibu PKK yang ingin berwirausaha. Dia berharap, kegaiatan serupa digelar lagi pada KKN yang akan datang.

”Kami berharap, kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini, tapi terus berlanjut untuk membidik ke arah wirausaha. Mahasiswa akan siap mendamping ibu-ibu PKK yang berminat untuk berwirausaha membuat olahan dari lidah buaya. Semoga bisa menumbuhkan peluang bisnis atau usaha,” ujarnya.

Dia mengatakan, kegiatan ini dilatar belakangi banyakanya lahan kosong yang dapat dimanfaatkan warga untuk menanam tanaman bermanfaat agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

”Di wilayah RW 04 Kelurahan Tlogosari Wetan ini banyak warga yang menanam Lidah Buaya dan belum banyak termanfaatkan dengan maksimal,” tuturnya.

Menurutnya, manfaat yang diharapkan dari pelatihan ini adalah ibu-ibu PKK dan warga yang berada di RW 04 Kelurahan Tlogosari Wetan dapat mengolah tanaman Lidah buaya menjadi bahan yang mempunyai nilai ekonomis sehingga meningkatkan perekonomian bagi Rumah Tangga. Olahannya berupa pembuatan minuman berbahan dasar Lidah buaya dan sabun cuci tangan,” ungkapnya.

Muhaimin