blank
Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Jateng, Hajrianor (tengah) dalam kegiatan peresmian Pojok UMKM dan pameran legal expo di Kanwil Jateng. Foto: Dok/Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Peresmian Pojok UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan pameran legal expo digelar di Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah. Kegiatan tersebut sebagai aksi nyata Kemenkumham bangga menggunakan produk dalam negeri.

Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kemenkumham Jateng, Hajrianor mengatakan, Pojok UMKM ini sebagai wadah untuk mempertemukan para pelaku UMKM yang disediakan oleh Kanwil Kemenkumham.

“Harapannya Pojok UMKM yang kita miliki dapat mendorong pemasaran dan memajukan UMKM,” ujarnya di Kanwil Jateng, Jumat (4/8/2023).

Ia mengimbau kepada seluruh pegawai di jajaran Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah memberikan dukungan penuh kepada UMKM. “Mari kita hidupkan Pojok UMKM kita ini dengan aktif membeli, kita dukung penuh Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan kita glorifikasikan Kemenkumham Jateng bangga menggunakan produk dalam negeri,” tandasnya.

Menurut Hajrianor, produk dalam negeri tidak kalah dengan produk luar negeri. Seperti mengutip arahan dari Sekretariat Jenderal Kemenkumham ‘Mari Kita Menjadi Pahlawan di Negeri Sendiri dengan Berbelanja Produk Dalam Negeri’.

Selain diresmikannya Pojok UMKM, dalam rangka peringatan Hari Lahir Kemenkumham atau HDKD yang ke-78, Kanwil Jateng juga menggelar legal expo layanan publik Kemenkumham dan bazar UMKM.

Berbagai layanan yang ada di Kanwil dihadirkan lebih maksimal, diantaranya, layanan Administrasi Hukum Umum, Layanan Kekayaan Intelektual, Layanan Pendaftaran e katalog sectoral Kemenkumham, serta Konsultasi Hukum dan HAM.

Sementara dalam bazar UMKM, Kanwil Jateng menggandeng para pelaku UMKM yang ada di Semarang, termasuk dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) untuk mempromosikan produk unggulan mereka.

“Saya mengimbau pada seluruh pegawai untuk membeli produk UMKM yang merupakan produk dalam negeri, karena dampaknya luar biasa. Kalau kita peduli otomatis usaha di masyarakat akan bergairah,” tuturnya.

Ia berharap di usia Kemenkumham yang ke-78 ini mampu menyadarkan insan pengayoman, bagaimana peran insan Kemenkumham agar betul-betul bermanfaat bagi masyarakat luas.

Diketahui, dalam rangkaian HDKD ke-78 ini, Kanwil Jateng juga menggelar serangkaian kegiatan diantaranya pengentasan stunting, baksos, olahraga dan lainnya.

Ning S