Kepala BNN RI, Komjen Pol. Prof. Dr. Petrus Reinhard Golose ajak mahasiswa dan pelajar Jambi bersama-sama perang melawan narkoba. Foto: Dok/BNN

JAMBI (SUARABARU.ID) – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol. Prof. Dr. Petrus Reinhard Golose mengajak mahasiswa dan pelajar Jambi bersama-sama perang melawan narkoba.

Hal itu disampaikannya saat memberikan kuliah umum dihadapan mahasiswa dan pelajar yang berlangsung di Balairung Kampus Universitas Jambi Mendalo, Jumat (4/8/2023).

Kuliah umum yang dihadiri ribuan mahasiswa dan pelajar dari berbagai universitas dan sekolah di Jambi ini juga dihadiri para Pejabat Tinggi Pratama dan Madya BNN RI, Rektor Unja Prof. Drs. H. Sutrisno, Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono, Kepala BNNP Jambi Brigjen Pol Wisnu Handoko, serta para pejabat Universitas Jambi lainnya.

Pada kesempatan ini Komjen Petrus juga menyaksikan deklarasi kampus Bersih Narkoba (Bersinar).

Petrus mengatakan, berdasarkan riset, remaja lebih rentan terdampak narkotika dibandingkan orang dewasa.

“Untuk menangkal hal tersebut, salah satunya dilakukan melalui pendekatan soft power approach, yaitu upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di kalangan mahasiswa,” ungkap Petrus yang juga Guru Besar Tetap di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian.

Dalam kuliah umumnya, Petrus memberikan materi tentang bahaya dan dampak penyalahgunaan narkotika, seperti narkotika jenis sabu, ganja, ekstasi dan kokain.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pencegahan, untuk menurunkan demand. Menurutnya, apabila demand atau permintaan terhadap narkotika dapat ditekan, maka supply juga akan berkurang.

Ning S