blank
Ganjar (kanan) bersama Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, saat memberikan keterangan kepada awak media, terkait acara pembukaan Porprov XVI/2023 di Stadion Joyokusumo, Pati, Sabtu (5/8/2023). Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI/2023 Jawa Tengah 5-11 Agustus 2023 di wilayah Pati Raya, segera dimulai. Gubernur Ganjar Pranowo berharap, ajang ini menjadi momentum para atlet, untuk mematangkan potensi diri dan unjuk prestasi.

Hal itu seperti yang disampaikannya, usai menerima pengurus KONI Jateng di rumah dinas Puri Gedeh, Semarang, Jumat (4/8/2023). Gubernur Ganjar direncanakan datang dan membuka secara resmi event empat tahunan ini di Stadion Joyokusumo, Pati, Sabtu (5/8/2023) malam.

”Ini akan kami jadikan momentum, untuk mendorong atlet-atlet Jateng dari seluruh kabupaten/kota, untuk unjuk prestasi,” kata Ganjar.

BACA JUGA: H Abdul Kadir Karding: Kelangkaan dan Mahalnya Pupuk, Tidak Boleh Berkepanjangan

Penyelenggaraan Porprov XVI/2023 berlangsung di Pati Raya, meliputi Kabupaten Pati, Jepara, Rembang, Kudus, Blora dan Grobogan.

Ganjar menyebut, event olahraga seperti ini memberikan ruang bagi para atlet untuk unjuk prestasi. Ajang ini memberikan kesempatan kepada atlet untuk mengembangkan diri, guna melompat ke event yang lebih tinggi.

”Prestasi-prestasi yang muncul, baik di tingkat Nasional maupun internasional yang berasal dari Jateng, menurut saya perlu ditampilkan. Hal ini agar menjadi bagian yang bisa memberikan motivasi bagi para atlet lain,” tegasnya.

BACA JUGA: EASE 2023 Jadi Wadah 29 Mahasiswa UKSW dan KGU Jepang Perkuat Kolaborasi Internasional 

Ganjar juga mengungkapkan, akhir pekan ini benar-benar menjadi pekan olahraga bagi Jateng. Sebab, selain Porprov, pada Minggu (6/8/2023), juga berlangsung Tour de Borobudur.

”Maka rasa-rasanya besok itu menjadi hari yang full olahraga. Mudah-mudahan ini bagian dari rangsangan atlet-atlet kita, untuk semakin berprestasi, dan kami sangat perhatian,” tandasnya.

Seperti diketahui, rangkaian Porprov XVI/2023 sudah dimulai sejak Rabu (2/8/2023). Dimulai dengan pengambilan Api Abadi Mrapen yang dikirabkan. Beberapa cabor juga sudah memulai pertandingannya.

BACA JUGA: Lifter Kendal Kalahkan Tuan Rumah Blora, Raih Emas Porprov Jateng 2023

Meski Porprov kali ini diadakan di wilayah Pati Raya, namun ada beberapa cabor yang harus digelar di luar wilayah itu. Di antaranya di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Magelang, Banjarnegara dan Kota Surakarta.

Jumlah peserta ada sebanyak 7.735 atlet, yang berasal dari 35 kabupaten/kota di Jateng. Event ini mempertandingkan 57 cabor, dengan disiplin cabor sebanyak 70 dan 862 nomor. Selain itu, ada pula dua cabor eksibisi dengan 17 nomor dipertandingkan.

Riyan