blank
Amir Machmud NS (Ketua PWI Jateng). Foto: dok

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah, bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jateng, kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang akan dilaksanakan pada Kamis-Jumat (10-11/8/2023) mendatang, di Hotel Khas Semarang.

Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS menyampaikan, UKW tetap menjadi program mahkota PWI, dalam upaya mencetak wartawan yang memiliki kecakapan teknis atau skill, dan mampu menghayati etika dalam kode etik jurnalistik, saat menjalankan profesinya.

Penyelenggarakaan UKW kali ini merupakan yang kelima kalinya hasil kerja sama dengan Diskominfo Jateng.

BACA JUGA: Kota Semarang Menggebrak, Rebut Dua Medali Emas Cabor Senam

”Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas support Diskominfo Jateng, yang selalu bersinergi dengan PWI, guna meningkatkan profesionalisme wartawan melalui agenda UKW,” kata Amir, dalam keterangannnya di Semarang, Rabu (2/8/2023).

Pelaksanaan UKW kali ini diikuti 24 peserta, yang dibagi menjadi tiga kelompok wartawan muda, dan satu kelompok kategori madya.

Menurut Amir, peserta UKW berasal dari berbagai daerah di Jateng, seperti Kota Tegal, Brebes, Grobogan, Kebumen, Purworejo, Pemalang, Demak, Karanganyar, Kudus, dan Kota Semarang.

BACA JUGA: Kapolres Kebumen Berkoordinasi dengan Guru BK SMK, Ini Tujuannya

Asesor atau penguji UKW terdiri dari, Ketua PWI Amir Machmud NS, Ketua PWI DIY Hudono, Ketua Badan Khusus UKW PWI Jateng R Widiyartono, dan Sekretaris PWI Jateng Setiawan Hendra Kelana.

Sebelum dilaksanakan UKW, akan didahului dengan kegiatan Orientasi dan Pra-UKW di Gedung Pers, pada Rabu (9/8/2023).

Sementara itu, Kepala Diskominfo Jateng, Riena Retnaningrum menyatakan, pihaknya mendukung program UKW ini, agar insan media dapat lebih meningkatkan kompetensinya.

BACA JUGA: Kirab Api Porprov Jateng XVI 2023 di Blora Meriah, Nginap di Pendopo Bupati

Apalagi, mereka adalah partner pemerintah yang objektif, sehingga diharapkan mampu menyampaikan saran dan masukan, agar pemerintah dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

”Bagaimana pun wartawan adalah mitra pemerintah yang independen. Jadi, kami mendorong mereka untuk terus meningkatkan kompetensinya. Buat rekan-rekan wartawan yang belum pernah mengikuti UKW, silakan mendaftar, bersama PWI dan Dinas Kominfo soulmate-nya rekan-rekan media,” ujarnya.

Riena berharap, tak hanya meningkatkan kompetensi, insan pers juga diharapkan ikut meningkatkan literasi masyarakat. Beritakan semua yang telah dilakukan pemerintah, agar warga tahu, pemerintah selalu hadir di tengah-tengah mereka.

Riyan