blank
Ketua KONI Pati, Mustamaji (berdiri) bersama Lukman Hakim (Jepara), Ukky Juli Setiawan (Grobogan) dan Heri Sutiono (Blora). dipandu Sekum KONI Jateng Ahmad Ris Ediyanto, saat memberikan paparan kesiapan mereka sebagai tuan rumah Porprov XVI/2023. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU,ID)– Sebanyak Enam utusan tuan rumah gelaran Porprov XVI/2023, Kabupaten Pati, Rembang, Grobogan, Kudus, Blora dan Jepara, menyatakan siap melaksanaan event olahraga se-Jawa Tengah ini.

Hal itu seperti ditegaskannya, dalam Chef de Mission (CdM) Meeting 2, sekaligus kegiatan Rakerprovsus, di Hotel Grand Candi, Semarang, Minggu (30/7/2023).

Kabupaten Rembang yang selama ini dirisaukan PB Porprov, karena belum melaporkan kesiapan venuesnya, kali ini menyatakan siap. Wakil Bupati Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barro, hadir langsung dan memberikan paparannya.

BACA JUGA: Bank Jateng Syariah Surakarta Menempati Kantor Baru

”Rembang sudah 99 persen secara teknis siap. Tinggal menyelesaikan nonteknis, dan Secara prinsip kami sudah siap menggelar Porprov,” kata Hanies.

CdM Meeting ini dihadiri 70 utusan dari 35 KONI Kabupaten/Kota di Jateng, 57 Techical Delegate (TD), Kabid Olahraga Disporapar Jateng Aria Chandra Destianto dan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyawati. Ketua Umum PB Porprov XVI/2023, Bona Ventura Sulistiana, membuka secara resmi kegiatan ini.

Sedangkan Kudus yang belakangan ini masih ada terkendala di KONI setempat, setelah Ketua Umum KONI Imam Triyanto, mengundurkan diri, juga menyatakan kesiapannya. Asisten Pemerintahan dan Kesra Kudus, Agus Budi Satriyo menjelaskan, daerahnya siap menyelenggarakan Porprov.

BACA JUGA: SDN Karangkebagusan Raih Prestasi di Olimpiade PMR Mula ke IV KSR PMI Unit Unisnu

Pertanyaan TD cabang olahraga bola basket, Xaverius Wiwid, tentang kondisi lapangan yang kurang siap, akibat lampu yang kurang memadai pun, dijawab dengan tegas.

”Soal kebutuhan lampu, kami akan menyediakan sesuai yang dibutuhkan cabor bola basket,” tegas Agus.

Sementara empat daerah lainnya yang diwakili Mustamaji (Pati), Heri Sutiono (Blora), Lukman Hakim (Jepara) dan Ukky Juli Setiawan (Grobogan), sudah lebih siap. Mereka menyebut, urusan teknis dan nonteknis tidak ada masalah. Jika masih ada kekurangan, maka tinggal finishing.

BACA JUGA: Doa Mengalir untuk Sukses Porprov, Target Jepara Masuk Lima Besar

Hal lain yang dijelaskan Mustamaji yakni, kesiapannya untuk menggelar upacara pembukaan di Stadion Joyokusumo, Pati, pada Sabtu (5/8/2023) malam. Pembukaan akan ditandai dengan penyalaan api Porprov ke kaldron, oleh mantan atlet Nasional asal Pati, Rumini, yang merupakan pemegang medali emas atletik SEA Games 1993.

Usai defile peserta Porprov XVI/2023, sejumlah acara hiburan digelar panitia setempat. Pada puncak acara pembukaan, vokalis band God Bless, Ahmad Albar, siap menghentakkan arena dengan lagu-lagu cadasnya.

Riyan