blank
Tim RDK LKC Jateng tengah membantu relawan yang mengalami sesak nafas saat turun di lubang galian untuk memasang pipa penyedot air. Foto: Dok/Dompet Dhuafa

BANYUMAS (SUARABARU.ID) – Respon Darurat Kesehatan (RDK) Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jateng terlibat dalam penanganan musibah tertimbunnya 8 penambang emas tradisional di Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas.

Diketahui kejadian tersebut sudah 6 hari berlangsung, dari tanggal 25 hingga 31 Juli 2023.

Titi Ngudiati, Kepala LKC Jateng mengatakan, tim RDK LKC Jateng turun di lokasi kejadian dan melakukan berbagai upaya respon di lokasi tersebut.

“Terhitung sudah memasuki hari ke 5, RDK LKC Jateng membuka Posko medis dibawah koordinasi Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa. Tim RDK juga melakukan pemeriksaan berkala bagi para relawan yang masih berjibaku evakuasi para korban yang berasal dari Bogor, Jawa Barat,” kata Titi,  Senin (31/7/2023).

Titi juga menjelaskan, ada dua relawan yang mengalami sesak setelah masuk ke dalam lubang galian saat memasang pipa penyedot air.

“Sesuai pembagian tugas oleh Basarnas, PMI (Palang Merah Indonesia) dan Dompet Dhuafa sebagai tim medis selama dilakukan proses evakuasi,” ungkapnya.

Ning S