blank
Paulus Pangka dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (kiri), memberikan piagam penghargaan kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Sekda Jateng Sumarno (kanan). Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, melepas peserta kegiatan Ngonthel Kebangsaan 2, di depan Kantor Gubernur Jalan Pahlawan, Semarang, Minggu (30/7/2023).

Ribuan orang dengan mengenakan berbagai pakaian adat Nusantara ini, mengayuh sepeda mengelilingi Kota Semarang, dan berakhir di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), di Jalan Gajah Raya, Semarang.

Wagub Taj Yasin mengatakan, acara ini memiliki tujuan bersama, yakni merekatkan persatuan. ”Dengan kegiatan ini, kami harap seluruh elemen baik tokoh masyarakat, tokoh agama, bisa bersatu, nyawiji membangun negeri,” kata Taj Yasin, saat melepas peserta sepeda santai ini.

BACA JUGA: Percepatan Penurunan Stunting Harus Terpadu dan Berkesinambungan

blank
Sejumlah panitia penyelenggara yang menerima penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia, melakukan foto bersama. Foto: riyan

Sejumlah tokoh ikut dalam kegiatan ini, seperti Taj Yasin Maimoen, Sekda Jateng Sumarno, Wakil Sekretaris PP MAJT Istajib AS, dan Kepala Kesbangpol Jateng Haerudin. Mereka bersepeda menyusuri area Kantor Gubernur Jateng, Gereja Katedral, Sam Poo kong, kawasan Kota Lama, dan berakhir di MAJT.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pengurus Pengelola MAJT, Prof Noor Achmad, menyambut baik kegiatan ini. Dia menyebut, Ngonthel Kebangsaan 2 dapat mempererat komunitas pesepeda atau goweser dengan masyarakat.

”Ini merupakan gerakan untuk mempersatukan bangsa, sehingga tidak hanya di Jateng atau Semarang saja, tetapi perlu dikembangkan ke seluruh Indonesia,” ujar dia pada sejumlah awak media.

Di sela pemberian doorprize, diserahkan pula penghargaan atas pelaksaaan Ngonthel Kebangsaan 2, dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia, kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Sekda Jateng Sumarno, dan MAJT.

Riyan