blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Semarang memberikan Pelatihan Pembuatan dan Pemasangan Pipa Resapan Horisontal Sambungan Langsung dari Talang di SD Nurus Sunnah Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, baru-baru ini.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)-Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Semarang memberikan Pelatihan Pembuatan dan Pemasangan Pipa Resapan Horisontal Sambungan Langsung dari Talang di SD Nurus Sunnah Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, baru-baru ini.

Tim PkM diketuai Dr. Ir. Edy Susilo MT dengan anggota Kusrin ST. MT. dan Ir Bambang Purnijanto MT. Mereka dibantu dua orang mahasiswa Teknik Sipil.

Edy Susilo mengatakan, tujuan pelatihan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada warga sekolah tentang fungsi pipa resapan horisontal dalam mengurangi genangan air dan pentingnya kelestarian tanah dan lingkungan.

”Pipa resapan ini bisa untuk mengurangi genangan air sehingga sangat bagus untuk kelestarian tanah dan lingkungan,” katanya.

Menurutnya, pipa resapan horisontal ini merupakan salah satu solusi dengan biaya yang sangat terjangkau.
Dalam pelatihan ini juga diberikan cara pembuatan dan pemasangan pipa peresapan horisontal tersebut yang tersambung secara langsung dari talang.

Pelatihan diikuti kepala sekolah, guru dan staf administrasi SD Nurus Sunnah.

Muhaimin