Ilustrasi kamar mandi hotel. Foto: Dok/Pinterest

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah kamu pernah mengamati saat menginap di hotel, jika kamar mandinya berada di dekat pintu masuk. Ternyata ini bukan kebetulan, namun didasarkan pada pertimbangan.

Mengutip dari Suara.com (Journal of Hospitality & Tourism Research), ada beberapa alasan mengapa kamar mandi hotel sering terletak dekat pintu masuk, serta manfaatnya.

1. Faktor desain ruangan

Salah satu alasan utama mengapa kamar mandi sering ditempatkan dekat pintu masuk adalah faktor desain ruangan. Banyak hotel yang merancang tata letak kamar secara efisien dan ergonomis. Dengan meletakkan kamar mandi di dekat pintu masuk, ruang di dalam kamar dapat dimaksimalkan untuk fungsi dan kenyamanan para tamu.

2. Aksesibilitas dan kenyamanan

Menempatkan kamar mandi di dekat pintu masuk membuatnya lebih mudah diakses oleh para tamu. Ketika tiba di hotel dengan bagasi atau setelah perjalanan yang panjang, tamu cenderung ingin segera bersantai atau segera menggunakan kamar mandi. Letaknya yang dekat dengan pintu masuk memudahkan akses dan meningkatkan kenyamanan para tamu.

3. Faktor kebersihan

Meletakkan kamar mandi dekat pintu masuk juga dapat membantu memisahkan area kamar tidur dari area kamar mandi. Hal ini dapat membantu mencegah penyebaran kuman atau bau yang mungkin muncul dari area kamar mandi. Dengan demikian, faktor kebersihan dapat lebih terjaga.

4. Efisiensi pelayanan

Dalam beberapa hotel, meletakkan kamar mandi dekat pintu masuk juga berkaitan dengan efisiensi pelayanan. Letaknya yang strategis dapat membantu staf hotel untuk membersihkan atau merapikan kamar dengan lebih mudah dan cepat setelah tamu meninggalkan kamar.

Itu tadi alasan di balik tata letak kamar mandi hotel yang strategis. Selamat menikmati pengalaman menginap yang lebih nyaman di hotel-hotel yang kamu kunjungi!

Ning S