JEPARA (SUARA BARU, ID) – Bulan Muharram yang merupakan bulan pertama kalender Hijriyah merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Disebutkan bahwa bulan Muharram memiliki sejumlah keutamaan, di antaranya bulan yang suci, bulan para nabi hingga, amalan dilipatgandakan.

Pada bulan ini pula, umat Islam dianjurkan memperbanyak mengerjakan amalan sunnah, mulai dari berpuasa hingga bersedekah.

Di antara keutamaan bulan suci adalah segala amal shalih yang dilakukan di dalamnya diganjar lebih dibandingkan amalan yang dikerjakan di bulan lainnya.

Plh. Kepala Sekolah SDN 4 Welahan, Wiwin Patma Dewi, S.Pd saat serahkan santunan Yatama

Lebih lagi ketika amal shalih tersebut dilakukan di hari Asyura, tanggal kesepuluh di bulan Muharam. Karena ini adalah hari di mana Nabi Musa diselamatkan oleh Allah dari musuhnya. Begitu pula dengan merayakan hari Asyura dengan menyantuni yatim.

Atas dasar tersebut, para guru dan karyawan SDN 4 Welahan mengumpulkan sebagian rezekinya untuk disumbangkan kepada anak yatim di SDN 4 Welahan. Kegiatan santunan bulan Muharram merupakan kegiatan tahunan sekolah.

Dana tersebut disalurkan kepada anak yatim di SDN 4 Welahan yang berjumlah 9 anak. Kegiatan santunan telah dilakukan pada hari Rabu, 26 Juli 2023. Penyerahan dilakukan oleh Plh. Kepala Sekolah SDN 4 Welahan, Wiwin Patma Dewi, S.Pd. Setelah penyerahan santunan dilanjutkan dengan makan bersama dengan anak yatim tersebut.

Ada empat tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan santunan yatama ini yaitu pertama meningkatkan iman dan taqwa dengan segala cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT serta memupuk ukhwah Islamiyah antar sesama.

Kedua menumbuhkan kesadaran diri untuk membelanjakan harta di jalan Allah SWT dengan menyantuni anak yatim, ketiga mengajak para guru dan tendik di SDN 4 Welahan untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan, keempat meningkatkan peran SDN 4 Welahan di lingkungan masyarakat welahan khususnya.

Plh. Kepala Sekolah Dasar Negeri 4 Welahan, menyampaikan terima kasih kepada para guru serta Tendik di SDN 4 Welahan yang telah bersedia menyisihkan rizqinya guna suksesnya kegiatan Muharram, teriring doa semoga menjadikan keberkahan untuk semuanya.

Hadepe – Wiwin PD