ilustrasi avokado yang kaya akan antioksidan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Alpukat merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lemak tinggi, sekitar 20 kali lebih tinggi dibanding buah-buahan lain. Nama latin tanaman alpukat adalah Persea americana, diyakini berasal dari Amerika Tengah.

Buah alpukat merupakan sumber antioksidan yang berguna untuk menghindari terjadinya peradangan dalam tubuh. Bahkan, salah satu studi mengungkapkan jika mengkonsumsi buah alpukat bisa menghindari terjadinya radang sendi. Tetapi, khasiat buah alpukat ini masih membutuhkan penelitian lebih dalam.

Selain rasanya yang enak, buah alpukat banyak digemari masyarakat karena memiliki beragam manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Namun, jika buah ini dikonsumsi secara berelebihan, justru akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Baca Juga:Jadi Sumber Asam Float, Ini 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Dilansir oleh hellosehat.com, berikut lima dampak negatif mengonsumsi alpukat secara berelebihan bagi kesehatan tubuh.

1. Menyebabkan alergi

Dalam jurnal Allergy, Asthma, and Clinical Immunology tahun 2011, alergi alpukat dapat menyebabkan bersin, batuk, pembengkakan, dan hidung tersumbat.

Kondisi seperti ini memang cukup jarang terjadi. Namun, bagi beberapa orang yang terlalu berlebihan mengkonsumsi alpukat dapat mengalami alergi ini, meskipun awalnya biasa-biasa saja.

2. Merusak organ hati

Dalam buah alpukat terkandung senyawa estragole dan anethole. Kedua senyawa tersebut diketahui mampu membahayakan organ hati. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai masalah yang satu ini.

Baca Juga: Selain Tinggi Serat, Ini 6 Manfaat Alpukat yang Bantu Turunkan Kolesterol Jahat

Meski demikian, alangkah baiknya untuk tidak mengkonsumsi buah ini secara berlebihan. Ini untuk menghindari terjadinya suatu hal yang tidak diinginkan.

3. Menyebabkan iritasi saluran pencernaan

Dalam sebuah penelitian dalam The Journal of Nutriton tahun 2021, menyebutkan bahwa mengkonsumsi alpukat dalam jumlah banyak dapat mengiritasi saluran pencernaan.

Perlu diketahui bahwa iritasi saluran pencernaan dapat menimbulkan beberapa gejala. Diantaranya, perut kembung, begah, kram, dan diare. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, maka akan menyebabkan infeksi.

4. Menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh

Alpukat memiliki kandungan beta-sitosterol yang cukup tinggi. Kandungan tersebut diketahui mampu menyerap kolesterol jahat jika jumlahnya terlalu berlebihan.

Baca Juga:Tak Cuma Nikmat, Teh Daun Alpukat Juga Banyak Manfaat

Artinya, mengkonsumsi alpukat secara berlebihan berpotensi menurunkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Padahal, kolesterol baik memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan.

5. Meningkatkan berat badan

Perlu diketahui bahwa alpukat mengandung lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Artinya, buah ini sehat untuk dikonsumsi. Namun, mengkonsumsi alpukat yang kaya akan lemak secara berlebihan berpotensi meningkatkan berat badan.

Dalam satu buah alpukat dengan berat 150 gr, terdapat kalori sebanyak kurang lebih 240 kkal dan 22 gram lemak. Oleh karena itu, ada baikya untuk membatasi jumlah konsumsi alpukat.

Demikianlah pembahasan 5 dampak negatif buah alpukat bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Claudia