blank
Para personel BPBD Kabupaten Wonogiri, tampil memimpin kerja bakti massal untuk membersihkan alur Sungai Kepatihan Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Kerja bakti melibatkan para relawan dari berbagai komunitas, perangkat desa dan masyarakat.(Dok.BPBD Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Minggu (23/7), memimpin kerja bakti massal di alur Sungai Kepatihan, Desa Kepatihan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Tujuannya, untuk mengantisipasi kemunculan bencana banjir.

Mewakili Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Sekretaris BPBD Rochmadi SSos dan Kasi Darurat dan Logistik (Darlog) BPBD, Yatino SSos, menyatakan, sasaran kerja bakti kali ini fokus untuk menyikapi pohon Bulu yang dahan-dahannya melintang di alur Sungai Kepatihan. Juga sejumlah sejumlah rumpun bambu yang tumbuh ke alur sungai dan menyebabkan alir air menjadi kurang lancar.

Kasi Darlog BPBD Kabupaten Wonogiri, Yatino SSo, yang tampil menjadi Koordinator Kegiatan, menyatakan, kerja bakti melibatkan para Perangkat Desa dan relawan dari Desa Kepatihan,  Relawan dari Desa Bulurejo, relawan dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Wonogiri dan relawan Majelis Tafsir Al Quran (MTA).

Kerja bakti yang juga melibatkan warga masyarakat Desa Kepatihan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri ini, tujuannya untuk membebaskan pepohonan dan rumpun bambu yang diprediksikan dapat menghambat kelancara arus sungai. Harapannya, ketika alur sungai terbebas dari rintangan, kelak bila datang musim penghujan tidak akan memicu bencana banjir.
Bambang Pur