blank

SUARABARU.ID Dr Haswandi SH SE MHum MM mendapat gelar Profesor Kehormatan dari Fakultas Hukum (FH) Unissula. Penyerahan surat keputusan (SK) dan sertifikat penetapan Profesor diberikan oleh Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH, Jumat (21/7/2023) di kampus Unissula Jalan Kaligawe Semarang.

Haswandi yang kini berhak menyandang gelar Prof Dr Haswandi SH SE MHum MM adalah Hakim Agung Kamar Perdata Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia setelah sebelumnya menjabat Panitera Muda Perdata Khusus MA, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan MA, Hakim Tinggi DKI Jakarta, dan Ketua Pengadilan Jakarta Selatan.

Prof Gunarto mengatakan, merupakan kebahagiaan Unissula dengan bertambah Profesor baru. Sebelum mendapatkan gelar tersebut Haswandi telah melalui penilaian, dan dinyatakan layak, termasuk pertimbangan oleh anggota senat fakultas. Pengukuhan Profesor sesuai Peraturan Menteri Kemendikbudristek No. 38 tahun 2021 tentang pengukuhan guru besar kehormatan dan diharapkan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Banyak gagasannya yang dipandang bisa menjadi salah satu referensi dan pengembangan ilmu hukum di Indonesia. Haswandi juga turut berkiprah alam dunia pendidikan dengan mengabdikan ilmunya bagi perguruan tinggi di Tanah Air, diantaranya menjadi dosen di Unissula.

Dalam kesempatan ini, Haswandi yang kelahiran 2 April 1961 mengatakan siap mendarmabaktikan segala kemampuan dan ilmunya baik secara praktik maupun teori untuk Unissula.

”Terutama dari sisi praktik, pengalaman saya di bidang hukum yang telah lebih 30 tahun ini diharapkan bisa kita bagi untuk mahasiswa, sehingga nantinya saat lulus bisa mempraktikkan yang didapat saat kuliah. Sehingga mampu mempraktikkan ilmunya dalam bekerja. Lulusan Unissula diharapkan bisa menghadapi tantangan dan persaingan global yang makin ketat, agar tidak kalah dengan negara-negara lain,” jelasnya.