blank
Plt Kepala Kanwil, Hantor Situmorang saat memberikan pesan kepada peserta psikotes. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Calon Taruna/Taruni Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) Kemenkumham RI TA 2023 menjalani tahapan tes psikotes yang berlangsung di Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Kamis (20/7/2023).

Sebelum dimulai, ruangan tempat pelaksanaan tes psikotes disegel oleh Tim Panitia Pusat untuk menjaga ruangan tetap steril dan menghindari terjadinya kecurangan. Pembukaan segel ruangan dilakukan Plt Kepala Kanwil, Hantor Situmorang, serta tim panitia pusat dan daerah yang disaksikan perwakilan peserta calon taruna/taruni Poltekip dan Poltekim.

“Fokus dan kerjakan sendiri jangan terganggu oleh situasi sekitar. Berpikir tenang, jangan buru-buru, habiskan saja waktu yang disediakan,” pesan Hantor kepada peserta tes.

Sementara itu Kepala Bagian Umum, Budhiarso Widhyarsono dan Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur Madya BPSDM Hukum dan HAM RR Dewi Sri Handayani menjelaskan terkait petunjuk, ketentuan, serta instruksi dalam tes ini.

Tes psikotes dilaksanakan selama satu hari dan dibagi dalam dua sesi, yang diikuti oleh 136 calon Taruna/Taruni Poltekip dan Poltekim yang telah lulus tiga kali formasi pada pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD).

Ujian Psikotest ini merupakan seleksi lanjutan dari rangkaian Seleksi Calon Taruna Sekolah Kedinasan Poltekip dan Poltekim Kementerian Hukum dan HAM RI setelah sebelumnya Catar mengikuti seleksi Administrasi dan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Setelah tahapan psikotest, seleksi lanjutan berikutnya adalah tes kesehatan, tes kesamaptaan dan wawancara, pengamatan fisik dan keterampilan (WPFK).

Ning S