blank
Ganjar (kedua dari kiri), mendengarkan masukan dari para masyayikh dan habaib se-Indonesia, yang hadir di Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang, Kabupaten Rembang, Rabu (19/7/2023). Foto: hms

REMBANG (SUARABARU.ID)– Puluhan masyayikh dan habaib se-Indonesia, yang hadir di Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang, Kabupaten Rembang, menyambut kedatangan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di tempat itu, Rabu (19/7/2023).

Hadir di antaranya, KH Mustofa Bisri (Gus Mus), KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha), KH Mustofa Aqil (Cirebon) serta Habib Yahya bin Muhsin Alidrus (Banjarmasin) dan KH Ahmad Damanhuri (Jayapura).

Ganjar hadir di lokasi acara sekitar pukul 08.15 WIB, disambut langsung para putra KH Maimoen Zubair (alm), di antaranya KH Taj Yasin Maimoen, KH Abdulloh Ubab, KH Abdul Ghofur, KH Abdul Rouf, dan KH Muhammad Idror Maimoen.

BACA JUGA: Relawan Ganjar Pranowo Mulai Bergerak Masif

Dalam kegiatan bertajuk Silaturahmi Masyayikh se-Indonesia itu, Ganjar duduk di samping Gus Mus. Pertemuan dilakukan di ruang tamu kediaman KH Maimoen Zubair (alm). Kurang lebih 90 menit, Ganjar dan para masyayikh berdiskusi tentang masa depan bangsa dan negara.

”Terima kasih, ini silaturahmi yang sangat bagus, dengan para masyayikh dan habaib di Ponpes Al Anwar, Sarang,” ujar Ganjar usai pertemuan.

Menurut dia, dalam pertemuan itu dilakukan diskusi mengenai bagaimana membangun kebersamaan, serta membangun bangsa dan negara.

blank
Taj Yasin (kiri), menyambut kedatangan Ganjar Pranowo (batik), yang hadir mengikuti kegiatan Silaturahmi Masyayikh se-Indonesia itu. Foto: hms

BACA JUGA: Pemilih Pemula Diminta Cerdas dan Bijak dalam Pemilu 2024

”Saya mendapat banyak masukan, dan beberapa di antaranya mengusulkan agar pertemuan semacam ini terus dilanjutkan. Dan tentu saja saya menerima dengan senang hati,” tandasnya.

Seperti diketahui, Gubernur Jateng dua periode ini, memang dikenal sebagai sosok pemimpin yang dekat dengan ulama. Ganjar rutin sowan ke ulama-ulama khos, baik di Jateng, maupun luar daerah.

Kecintaannya terhadap ulama, juga dibuktikan dengan gelaran rutin ‘Jateng Bersholawat’, bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf.

BACA JUGA: Lestarikan Kawasan Wisata Remaja Raja Ampat, SIG Pasok 2.630 Unit Tetrapod

Sementara kedekatan dengan keluarga besar Ponpes Al Anwar, Sarang, telah terjalin lama. Bahkan KH Maimoen Zubair (alm), merestui putranya, KH Taj Yasin Maimoen mendampingi Ganjar menjadi Wakil Gubernur Jateng pada periode keduanya.

Lebih dari itu, beberapa waktu lalu saat politikus berambut putih itu sedang menjalankan ibadah haji di Makkah, Ganjar menyempatkan diri ziarah ke pusara Mbah Maimoen Zubair, di pemakaman Ma’la Makkah.

Riyan