blank
Anak Iptu Duddy Lukman Prabowo saat menjawab pertanyaan Polwan. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– SMP negeri 1 Purwodadi Kabupaten Grobogan melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS. Acara berlangsung meriah meriah di SMP Negeri 1 Purwodadi.

Salah satu kegiatan yang dipilih adalah pengenalan lalu lintas oleh Sat Lantas Polres Grobogan. Para siswa dikumpulkan di sebuah ruangan untuk kegiatan sosialisasi tersebut, dengan pembicara Bripka Rosidah dan Iptu Duddy Lukman Prabowo.

Menurut Bripka Rosidah, kegiatan sosialisasi tertib lalu lintas ini dilakukan di lingkungan SMPN 1 Purwodadi dalam rangka MPLS sekaligus sosialisasi Operasi Patuh Candi 2023.

Sedangkan Iptu Duddy Lukman Prabowo mengatakan, Sat Lantas Polres Grobogan mengadakan sosialisasi tertib berlalu lintas di jalan raya kepada para siswa baru SMPN 1 Purwodadi.

“Selain dalam rangka MPLS, juga bersamaan dengan Operasi Patuh Candi 2023,” ujar Iptu Duddy Lukman Prabowo, membuka sosialisasi.

Di kesempatan itu, Iptu Duddy Lukman Prabowo memberikan sosialisasi tentang bagaimana cara berlalu lintas yang baik.

Dia memaparkan prioritas yang menjadi fokus penindakan dalam Operasi Patuh Candi 2023 ini dan juga menghimbau kepada para murid agar tidak membawa sepeda motor karena belum cukup umur, cukup naik sepeda dulu.

“Jadi dalam Operasi Patuh Candi 2023 ini digelar dengan akan menindak pengendara yang melanggar, seperti menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, tidak menggunakan helm SNI dan safety belt, serta pengendara mabuk alkohol,” ujar Iptu Duddy, yang juga KBO Sat Lantas Polres Grobogan.

Selain itu, penindakan lain dalam Operasi Patuh Candi 2023 juga akan menindak kendaraan yang tidak sesuai persyaratan teknis dan laik jalan serta balapan liar.

Tanya Jawab

Usai memberikan penjelasan tentang tertib lalu lintas dari Iptu Duddy, Bripka Rosidah meminta salah satu siswa baru SMPN 1 Purwodadi maju ke depan untuk menjawab pertanyaan dari soal yang diberikannya nanti.

Banyak yang malu untuk maju ke depan, hingga akhirnya Bripka Rosidah menunjuk seorang siswa bernama Boy. Boy yang tidak lain putra Iptu Duddy Lukman Prabowo akhirnya mau maju ke depan.

“Ayo Mas Boy, apa fungsi dari helm? Bapaknya polisi, mesti anaknya tahu jawabannya,” ujar Bripka Rosidah.

Boy yang mengaku sempat canggung ketemu satu panggung dengan sang ayah akhirnya berani menjawabnya. “Supaya kepala kita tetap terlindungi saat mengendarai kendaraan di jalan raya, Bu,” jawab Boy.

blank
Kemeriahan MPLS di SMPN 1 Purwodadi bersama Sat Lantas Polres Grobogan. Foto: Tya Wiedya

Jawaban Boy ini mendapatkan tepuk tangan dari siswa baru SMPN 1 Purwodadi dan guru pendamping serta Bripka Rosidah dan juga Iptu Duddy.

Antusias

Salah satu peserta sosialisasi yakni Arkha mengatakan senang sekali dengan kehadiran Bripka Rosidah dan Iptu Duddy.

“Banyak pelajaran yang saya dapatkan. Terutama pentingnya penggunaan helm untuk melindungi kepala saat berkendara di jalan raya,” ujar Arkha.

Seperti yang diketahui Sat Lantas Polres Grobogan menggelar Operasi Patuh Candi 2023 pada tanggal 10-23 Juli 2023.

Iptu Duddy menerangkan, penindakan bagi pelanggar saat ini tidak hanya lewat E Tilang saja, namun juga dilakukan tilang manual.

Tya Wiedya