blank
Menag Gus Men (tengah) saat sertijab Wamenag dari Zainut Tauhid Sa'adi (kanan) kepada Saiful Rahmat Dasuki (kiri). Foto: menag

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, menyampaikan apresiasinya kepada Zainut Tauhid Sa’adi, yang selama bertugas menjadi Wakil Menteri Agama, telah menjadi panutan, penyejuk dan guru bagi keluarga besar Kementerian Agama.

Seperti dikabarkan sebelumnya, Zainut Tauhid Sa’adi digantikan Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wamenag, dalam pelantikan yang dilakukan Presiden RI, Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/7/2023)

”Pak Zainut merupakan senior, guru, penasihat dan banyak yang melekat pada dirinya. Kita akan selalu merindukan nasihat Pak Zainut, yang selalu menyejukkan bagi kita semua,” ujar Gus Men, seperti dikutip dari laman Kemenag.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Lantik Menkominfo Budi Arie Setiadi

Sementara itu, Zainut Tauhid Sa’adi menyampaikan, Saiful Rahmat Dasuki yang mengantikan dirinya sebagai Wamenag, merupakan sosok yang tepat dan kader terbaik PPP.

Alhamdulillah, beliau kader terbaik di PPP. Artinya, saya harus beryukur yang mengantikan saya adalah orang yang tepat. Saya merasa, pergantian ini adalah hadiah bagi saya menjelang ulang tahun ke 60,” ungkap dia.

Menurutnya, ini adalah isyarat dari Tuhan yang mengatur semua, bahwa perjalanan ada batas waktunya. ”Kata orang, setiap masa ada orangnya, dan setiap orang ada masanya. Saya yakin, ini masanya Gus Men dan Wamen membawa Kemenag ke arah yang lebih baik,” harap Zainut Tauhid.

BACA JUGA: Yuk Cari Tahu, Apakah Konsumsi Tomat Tidak Selamanya Menyehatkan?

Dia juga memberikan apresiasinya kepada Menag Yaqut Cholil Qoumas, yang telah mempercayai dirinya, menjadi Wamenag.

”Saya merasa mendapat kehormatan yang luar biasa, saat menjadi Wakil Menteri Agama dari Menag Yaqut Cholil Qoumas. Dengan tulus saya menyampaikan permohonan maaf, bila belum maksimal memberikan yang terbaik untuk Kemenag,” tutur Zainut.

Sementara itu, Wamenag Saiful Rahmat Dasuki, dalam kesempatan itu mengaku tak menyangka bakal menjadi wakilnya Gus Men, yang notabene seniornya di GP Ansor.

BACA JUGA: Ditresnarkoba Polda Jateng Ungkap Peredaran Narkotika Jaringan Solo Raya

”Saya tidak pernah membayangkan, saya harus mendampingi Menag. Kepada senior saya Pak Zainut Tauhid Sa’adi, saya akan meneruskan apa yang sudah dilakukan selama ini. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kekuatan dan keleluasaan kepada saya, dalam membantu Menteri Agama,” tandas Saiful yang akan meneruskan sisa masa jabatan periode 2023-2024.

Usai dilantik menjadi Wamenag, Saiful Rahmat Dasuki langsung ke Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Barat No 3-4 Jakarta, untuk mengikuti serah terima jabatan dengan Zainut Tauhid Sa’adi.

Sertijab Wamenag ini dihadiri Menag Yaqut Cholil Qoumas, Sekjen Nizar, para pejabat eselon I, Staf Ahli, Staf Khusus, Tenaga Ahli dan pejabat eselon II Kemenag lainnya.

Riyan