blank
TERBAKAR - Sisa Kantor BPN Kabupaten Brebes terbakar. (Foto: Sutrisno)

BREBES (SUARABARU.ID) – Terbakarnya Kantor Agraria Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Kabupaten Brebes, mengakibatkan 6 ribu sertifikat jadi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) hangus.

Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Brebes, Siyamto mengatakan, akibat kebakaran tersebut sejumlah ruangan di kantor BPN, Seperti Seksi Ruang Loket Layanan, Seksi Dokumen Pendaftaran Tanah luluh lantak. Demikian pula ribuan dokumen PTSL 2023 juga ikut terbakar. “Termasuk di dalamnya ada sertifikat-sertifikat yang sudah siap untuk diserahkan itu turut terbakar,” ujarnya ditemui di lokasi bekas kebakaran.

Dia menambahkan, program PTSL tahun ini ada sekitar 37.500 bidang. Kurang lebih ada 10 ribu sertifikat yang sudah terselesaikan. Sisanya ada yang masih berupa berkas dokumen dan juga sertifikar jadi. Diperkirakan, jumlah sertifikat jadi siap diserahkan ikut terbakar. “Kurang lebih sisanya dokumen atau sertifikat yang hangus terbakar. Ada 6 ribu sertifikat yang sebetulnya sudah siap diserahkan ikut hangus,” jelasnya.

Siyamto menjelaskan, untuk program PTSL Tahun 2023 sudah masuk tahap penyerahan. “Sebenarnya sudah mulai proses penyerahannya,” terangnya.

Dia juga meminta kepada masyarakat untuk tidak usah panik terkait kejadian kebakaran tersebut. Masyarakat akan tetap mendapatkan sertifikat PTSL karena sudah masuk dalam data elektronik. “Masyarakat tidak usah panik, karena sertifikat PTSL yang terbakar hanya bentuk fisiknya saja. Sedangkan data elektronik masih ada, pihak BPN akan segera melakukan pencetakan kembali,” pungkasnya.

Sutrisno